Pelaku Industri Berbasis Riset Terima LIPI SBII Award

 
 
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) berupaya memberikan apresiasi bagi para pelaku industri yang sukses dan menjadikan inovasi berbasis riset sebagai bagian utama strategi bisnis. Apresiasi ini terwujud dalam bentuk penghargaan LIPI Science-Based Industrial Innovation Award (LIPI SBII Award). Penghargaan itu diberikan dalam dua kategori, yakni Life Science dan Physical Science. Pemberian penghargaan akan berlangsung di Auditorium Utama LIPI Jakarta pada Rabu, 2 September 2015.

Jakarta, 1 September 2015. Kondisi persaingan bisnis saat ini, baik lokal maupun internasional menuntut setiap perusahaan mempunyai kemampuan berinovasi tinggi agar bisa bertahan. Sementara di Indonesia, kebanyakan inovasi dilakukan sebatas pada sisi pengemasan dan disain produk saja. Sedangkan, inovasi dari pengembangan hasil riset atau penelitian lokal masih jarang dilakukan.

Kepala LIPI, Prof. Dr. Iskandar Zulkarnain mengungkapkan, kalangan pebisnis tanah air seyogyanya sudah harus mengubah paradigma penerapan riset dalam strategi bisnisnya. Dengan begitu, anggapan bahwa posisi perusahaan-perusahaan Indonesia dalam pengembangan kapasitas iptek adalah pengekor bisa terpatahkan. Sesungguhnya, ada sejumlah perusahaan atau industri telah sukses menjadikan inovasi industri berbasis riset sebagai strategi mereka berkompetisi, kata Iskandar.

Oleh karena itu, dia melanjutkan bahwa LIPI tentu memberikan apresiasi bagi sejumlah perusahaan tersebut lewat LIPI SBII Award. Penghargaan ini secara khusus diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang telah menunjukkan kemampuannya dalam mengembangkan industri berbasis riset, ujarnya.

Lewat ajang penghargaan itu, kata Iskandar, anggapan bahwa negeri ini sekedar pengekor secara perlahan akan hilang dengan sendirinya, karena masyarakat luas akan tahu para pemenang atau peraih anugerah telah sukses bersaing dengan memanfaatkan inovasi berbasis riset yang mereka kerjakan. Ajang ini berupaya pula memberikan masukkan kepada pemerintah bahwa sejumlah perusahaan perlu mendapat dukungan karena telah serius melakukan riset dan mengupayakan sinergi antara industri dan lembaga penelitian, sambungnya.

Kepala Pusat Penelitian Perkembangan Iptek (Pappiptek) LIPI, Dr. Trina Fizzanty menambahkan, tahun 2015 adalah untuk yang kedua kalinya anugerah ini diberikan. Tahun 2013 lalu, Award diberikan kepada PT. Kalbe Farma, Tbk untuk kategori Life Science dan PT. Inter Aneka Lestari Kimia untuk kategori Physical Science. Setiap perusahaan yang dianugerahi award telah melalui tahap seleksi ketat dari segi inovasi berbasis riset, cara mendorong inovasi riset dan pengembangannya, serta investasi litbang di dalam perusahaan maupun kerja sama dengan pihak lain yang kompeten, jelasnya.

Sebagai informasi, dari hasil penyeleksian terhadap sejumlah perusahaan yang memenuhi kategori, telah lulus 10 perusahaan sebagai finalis, yaitu PT. Dua Empat Tujuh (Solusi 247), PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk, PT. Pupuk Sriwidjaja Palembang (Pusri), PT. Dahana (Persero), PT. Pindad (Persero), PT. Tirta Marta, PT. CTECH Labs Edwar Technology, PT. Bio Farma (Persero), PT. Phapros, dan PT. Caprifarmindo Laboratories. Dari kesepuluh perusahaan itu, tujuh perusahaan masuk dalam kategori Physical Science dan tiga perusahaan dalam kategori Life Science.

Acara ini juga akan menampilkan talkshow launching Buku Persepsi Masyarakat Terhadap Iptek dengan moderator Andi F. Noya. Buku ini mengungkap cara pandang masyarakat Indonesia terhadap Iptek termasuk korelasinya dengan tingkat pendidikan. Tingkat pendidikan tinggi umumnya sangat paham isu Iptek, sebaliknya dari SMA/sederajat ke bawah sebagian kurang memahami, ujar Trina. Isu lain dalam buku ini yang menarik dibahas adalah prilaku Iptek masyarakat. Kita jadi tahu bahwa masyarakat Indonesia ternyata sangat jarang mengunjungi museum, perpustakaan dan tempat-tempat rujukan Iptek dan sangat aktif menggunakan teknologi informasi untuk jejaring sosial daripada mencari informasi, pungkas Trina.

Keterangan Lebih Lanjut:
- Dr. Trina Fizzanty (Kepala Pusat Penelitian Perkembangan Iptek LIPI)
- Nur Tri Aries Suestiningtyas, MA (Kepala Biro Kerja Sama, Hukum dan Humas LIPI)

Note/Undangan:
Siaran Pers ini sekaligus UNDANGAN bagi rekan media untuk menghadiri acara Penganugerahan LIPI Science Based Industrial Innovation Award (LIPI SBII Award) Tahun 2015 yang akan berlangsung pada Rabu, 2 September 2015 di Auditorium Utama LIPI, Jl. Gatot Subroto 10 Jakarta pada pukul 09.00 WIB.

Penulis: Pappiptek, pwd
Editor : isr

Siaran Pers ini dibuat oleh Humas LIPI

Sivitas Terkait : Trina Fizzanty

Diakses : 976