Pemenang LKIR Raih Penghargaan di Kompetisi Sains Internasional

 
 
(Jakarta, 25 Mei 2012 Humas BKPI LIPI) Muhammad Lutfi Nurfakhri, siswa SMAN 1 Bogor pemenang Lomba Karya Ilmiah Remaja 2011 yang diselenggarakan LIPI, berhasil meraih penghargaan jenis Grand Awards di bidang engineering electrical and mechanical lewat Sensor Optik Pengukuran Efisiensi Pemakaian Pupuk Nitrogen pada Tanaman Padi pada ajang International Science and Engineering Fair (ISEF) di David L. Lawrence Convention Center, Pittsburgh, Amerika Serikat pada 14 Mei 2012 lalu.

. Lutfi berhak atas hadiah uang tunai sebesar 1000 dollar AS. Intel International Science and Engineering Fair (ISEF) merupakan kompetisi sains yang diselenggarakan oleh Intel. Berlangsung setiap tahun dan kini ini menginjak tahun ke-63. Pada kompetisi kali ini tercatat 1.545 finalis dari 68 negara yang ikut serta. Mereka adalah para juara dari berbagai kompetisi lokal di beberapa negara dan kawasan.

Selain Lutfi, Indonesia juga diwakili oleh Eva Fazriyah Haryono dan Marwah Zairah dari SMAN 1 Malimping, Banten dan Aulia Azka Januartika, ANas Mufid Nurrochman, dan Amelia Nugrahaningrum dari SMAN 1 Yogyakarta. Ketiganya adalah pemenang Bidang Teknik pada LKIR tahun 2011.

Setelah melalui penilaian dari para juri, ketiganya terpilih untuk berangkat ke Amerika Serikat mewakili Indonesia. Mereka lalu menjalani bimbingan intensif dari peneliti-peneliti LIPI yang meliputi pendalaman materi, persiapan administrasi serta bimbingan mental. Bimbingan dilakukan di laboratorium LIPI, di sekolah peserta, serta lewat e-mail.

Kedepannya, para pemenang ini terus dipantau oleh LIPI untuk megikuti ajang-ajang sejenis bertaraf internasional. Dalam waktu adalah Outstanding Students for the World (OSTW) yang akan diselenggarakan di Jepang, 9-20 Juni 2012.

Foto dari: http://edukasi.kompas.com/read/2012/05/19/1023122/Siswa.Bogor.Menang.di.Kompetisi.Sains.Internasional
Sumber : Humas BKPI-LIPI

Sivitas Terkait : Bogie Soedjatmiko Eko Tjahjono

Diakses : 1259