Pemerintah Godok Produksi Bis Listrik Mirip Trem

 
 
Daerah yang akan digunakan sebagai uji coba bus trem listrik ini adalah Jogjakarta.

JAKARTA, Jaringnews.com - Pemerintah mensinergikan berbagai lembaga dan kementerian untuk merampungkan rencana pembuatan bis listrik mirip trem. Beberapa lembaga seperti Kementrian Riset dan Teknologi, PLN, LIPI, dan BPPT bersinergi agar pembuatan mobil listrik nasional ini bisa diproduksi secara massal pada 2014.

Seperti keterangan PT PLN, Senin (10/9), Menteri Riset dan Teknologi I Gusti Muhammad Hatta melakukan pertemuan dengan Direktur Utama PLN Nur Pamudji di kantor PLN Pusat membicarakan masalah ini.

Nantinya, PLN akan membuat prototype bus listrik semacam bus trem (listrik). PLN akan menyiapkan infrastruktur supplai listrik langsung ke atas bus. Sementara LIPI atau BPPT akan merancang bangun prototype bus trem listrik yang tidak menggunakan batere. Daerah yang akan digunakan sebagai uji coba bus trem listrik ini adalah Jogjakarta.

Sebelumnya, LIPI berhasil mengembangkan bus listrik berkapasitas 15 penumpang. Dengan kapasitas baterai 53 kWh, bus ini bisa menempuh jarak 150 kilometer.

Menteri Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta mengatakan jika target produksi mobil listrik akan dilakukan pada awal 2013 dengan jumlah terbatas. Baru pada 2014 dilakukan secara massal.

(Ara / Ara)
Sumber : Jaringnews.com (Senin, 10 September 2012)

Diakses : 1527