Pemerintah Jangan Ekploitasi Papua Semata

 
 

Peneliti senior dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia atau LIPI Dr Muridan S Widjojo menyatakan, pemerintah mestinya memberikan kesempatan lebih besar kepada masyarakat Papua untuk lebih cepat berkembang.

Salah satu caranya adalah dengan memberi kesempatan bagi pemerintah daerah Papua untuk menangani permasalahan dan kebutuhan akan membuat Papua sesuai aspirasi masyarakatnya.

"Selama ini pemerintah hanya mengeksploitasi sumber daya alam Papua saja, tanpa memberikan sesuatu yang memadahi untuk perkembangan dan kemajuan Papua, " kata Muridan di Jakarta, Selasa (26/8).

Muridan menambahkan, sebagai penyumbang pendapatan negara terbesar Papua seharusnya diberikan fasilitas yang sama dengan daerah lain yang ada di Indonesia, baik sarana dan prasarana.

"Semua sarana dan prasarana yang ada di daerah lain di Indonesia juga harus dibangun di Papua. Baik dalam hal politik maupun ekonomi, " katanya.

Ia memberi contoh, kalau Nanggroe Aceh Darussalam boleh mempunyai partai lokal, bahkan terbentuk enam parpol lokal, tetapi itu tidak bisa dilaksanakan di Papua.

Keberadaan parpol lokal diharapkan lebih bisa menjaring aspirasi masyarakat luas Papua untuk membangun daerahnya. Sebab, tambah Muridan, selama 10 tahun reformasi dijalankan rakyat Papua belum mengalami perubahan berarti. "Kondisi mereka masih stagnan, tidak ada yang berubah. Karena aspirasinya jarang didengar pemerintah pusat, " ungkapnya.

Muridan berpendapat, Papua dapat berkembang bilamana semua penegak hukum, parpol, pimpinan daerah, maupun kota yang ada di Papua dipimpin orang asli Papua, sehingga mereka punya misi dan visi yang sama dalam membangun Papua. (C11-08).

Untuk membangun Papua dengan basis otonomi daerah, maka Papua harus diberikan perlakuan yang sama dengan daerah maupun pulau-pulau lain yang ada di Indonesia. Sebab, dengan cara otonomi yang benar Papua akan lebih cepat berkembang dan mampu membangun daerah sesuai dengan aspirasi dan kebutuhan rakyat Papua.

Menurut Dr Muridan S Widjojo dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), dengan memberikan kewenangan lebih besar kepada Pemda Papua dalam menangani semua permasalahan dan kebutuhan akan membuat Papua akan lebih cepat berkembang.

Sumber : Kompas (26 agustus 2008)

Diakses : 1572