Peneliti LIPI Dr. Muridan Satrio Widjojo Wafat

 
 
(Jakarta Humas LIPI). LIPI dan dunia penelitian Indonesia kehilangan salah satu putra terbaiknya. Dr. Muridan Satrio Widjojo, peneliti Pusat Penelitian Politik LIPI, meninggal dunia di Rumah Sakit Mitra, Depok, Jawa Barat, Jum at (7/3) pukul 14.15 karena sakit.

Pria kelahiran Surabaya, 4 April 1967 ini dikenal sebagai peneliti yang aktif di isu-isu sosial politik Papua. Sejak tahun 2008, Muridan memimpin tim kajian Papua LIPI yang diinisasi sejak tahun 2004. Pada tahun 2010, Muridan menjadi koordinator Jaringan Damai Papua (JDP) yang memfasilitasi dialog antara masyarakat Papua dan pemerintah.

Salah satu master piece yang dihasilkan dari kerja keras tim Jaringan Damai Papua adalah sebuah buku yang berjudul Papua Road Map terbitan tahun 2009 yang menjadi rujukan bagi siapa saja yang ingin memahami konflik dengan menawarkan jalan keluar berdasarkan kajian yang mendalam. Versi Bahasa Inggrisnya telah diterbitkan oleh KITLV Jakarta-Leiden dan ISEAS Singapura

Muridan memperoleh gelar sarjana Sastra Prancis dari Universitas Indonesia (UI) pada tahun 1992. Gelar Magister Antropologi Sosial diraihnya dari universitas yang sama tahun 2001. Setahun kemudian gelar Master of Philosophy Precolonial History berhasil didapatnya dari Universiteit Leiden, Belanda. Titel Ph.D dari universitas yang sama direngkuh pada tahun 2007.

Selama di Leiden, dia mendalami arsip-arsip abad ke 18 dan 19 Maluku Utara yang terkait dengan sejarah Papua. Beberapa buku pernah dihasilkannya, di antaranya adalah Gerakan Mahasiswa 1998: Penakluk Rezim Orde Baru (Jakarta: Sinar Harapan, 1999) dan The Revolt of Prince Nuku (Leiden: Brill, 2009).

Muridan juga menulis sejumlah artikel di jurnal ilmiah internasional dan opini di sejumlah surat kabar dan majalah. Dirinya juga menjadi pengajar tidak tetap dan membimbing mahasiswa S3 di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia.

Muridan mengawali pengabdiannya di LIPI sebagai pegawai magang di Kedeputian Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan pada 1993 dan resmi bekerja untuk Pusat Penelitian Politik LIPI sejak 1995. Jabatan terakhirnya adalah Kepala Bidang Pengembangan Politik Lokal yang diembannya sejak tahun 2010. (fz)
Sumber : Humas LIPI

Sivitas Terkait : Syamsuddin Haris

Diakses : 2150