Pengunjung Padati Pameran Hasil Penelitian LIPI di IBEX Yogyakarta

 
 
Yogyakarta, Humas LIPI. Beragam hasil penelitian Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang dipamerkan dalam Indonesian Biodiversity & Conservation EXPO (IBEX) 2016  di gedung Jogja Expo Center (JEC), Yogyakarta pada Kamis-Minggu (19-22/5), berhasil menarik minat banyak pengunjung.  Disain pameran LIPI yang menarik juga sukses menghantarkan LIPI memenangkan juara pertama kategori Stand Terbaik IBEX 2016.
 
Mengusung tema Keanekaragaman Hayati dan Pelestarian Lingkungan Hidup, LIPI memamerkan 30 produk penelitian unggulan seperti jati platinum, padi gogo, pupuk organik hayati, kayu lengkung, alat penjernih air di lahan gambut dan berbagai hasil penelitian dari 13 satuan kerja LIPI. LIPI juga memperkenalkan berbagai alternatif pangan seperti aneka pisang, taka, tepung mokaf, mie sayur, macam-macam penganan dan minuman berkhasiat berbahan dasar potensi lokal. Hasil penelitian lainnya adalah model budidaya ikan yang terintegrasi, Vertical Garden, serta berbagai obat-obatan dan penemuan spesies baru.
 
Hadir pada pameran IBEX 2016, Sekretaris Utama LIPI Siti Nuramaliati Prijono. Dia mengungkapkan komitmen LIPI untuk aktif mendiseminasikan hasil-hasil penelitiannya kepada masyarakat, salah satunya melalui kegiatan pameran. “LIPI memiliki materi yang sangat beragam dan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung karena hasil penelitian LIPI tidak hanya bermanfaat dalam upaya pelestarian lingkungan tetapi juga untuk peningkatan ekonomi masyarakat,” ujarnya merujuk pada tema dari IBEX tahun ini.
 
Apresiasi tinggi kepada LIPI disematkan oleh Direktur Utama PT. Visi Sinergi Antarnusa, Jabal C Noor yang melihat upaya  LIPI melakukan penelitian untuk mengobservasi dan melindungi berbagai kekayaan hayati yang dimiliki Indonesia. “Kami sangat berterima kasih dengan peran LIPI yang sangat aktif menemukan spesies-spesies baru serta berbagai usaha untuk mengantisipasi kerusakan keanekaragaman hayati di masa depan,” ungkap Jabal dalam sambutannya.
 
Di tempat yang sama, Asisten III Sekretaris Daerah Yogyakarta, Kristiana Swasti yang mewakili Gubernur berharap agar pameran ini dapat mendukung program pelestarian dan konservasi keanekaragaman hayati. “Kami mendorong upaya untuk menjamin kelestarian fungsi ekosistem sebagai penyangga kehidupan, mencegah terjadinya kepunahan spesies dan pemanfaatan yang tidak terkendali serta menyediakan sumber plasma nutfah untuk mendukung budidaya spesies langka,” imbuh Kristiana. Ia juga berharap kegiatan ini dapat meningkatkan wawasan  masyarakat Yogyakarta  dan mengangkat perekonomian daerah.
 
Sebagai informasi, LIPI telah tiga kali berturut-turut berpartisipasi pada pameran IBEX antara lain tahun 2014 di Surabaya dan 2015 di Balikpapan.
 
Pameran IBEX 2016 diisi dengan sejumlah materi dari LIPI; Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan; Kementerian Kelautan dan Perikanan; Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi; Kementerian Perdagangan; Kementerian Perindustrian; Kementerian Pariwisata; Kementerian Koperasi dan UKM; Kementerian BUMN; berbagai UMKM dan industry serta dihadiri ratusan pengunjung setiap harinya. (yep,shy/ed: yos)

Sumber : Biro Kerja sama, Hukum dan Humas

Sivitas Terkait : Rr Nur Tri Aries Suestiningtyas S.IP., M.A.
Diakses : 1180