Peringati HUT Ke-120, MZB LIPI Gelar Open House

 
 
Saat ini, kekayaan koleksi ilmiah fauna Museum Zoologicum Bogoriense (MZB) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) merupakan yang terbesar dan terlengkap di kawasan Asia Tenggara. Salah satu kontribusi yang paling fenomenal museum ini adalah penemuan reptil biawak raksasa Varanus Komodoensis dari Pulau Komodo pada tahun 1912 oleh staf MZB bernama Mr. P. A. Ouwens. Sebagai penanda penemuan itu, binatang komodo menjadi logo resmi institusi MZB. Pada tahun ini, MZB pun merayakan hari ulang tahun (HUT) yang ke-120. Untuk memperingatinya, museum tersebut akan menyelenggarakan Open House dan Science Camp di Gedung Widyasatwaloka, Cibinong Science Center (CSC), Pusat Penelitian Biologi LIPI pada tanggal 30 September hingga 1 Oktober 2014.

Jakarta, 30 September 2014. MZB telah berdiri sejak tahun 1894 dan sekarang ini menjadi bagian dari Bidang Zoologi Pusat Penelitian Biologi LIPI. Kepala LIPI Prof. Dr. Lukman Hakim mengungkapkan bahwa pada masa awal berdirinya, museum tersebut hanyalah satu laboratorium kecil yang terletak di kawasan Kebun Raya Bogor. Seiring berjalannya waktu, laboratorium yang awalnya hanya mengoleksi dan meneliti serangga pada tanaman pertanian terus berkembang meneliti jenis fauna lainnya seperti burung, mamalia, ikan dan moluska, jelasnya.

Pada tahun 1997, Lukman melanjutkan seluruh staf dan koleksi ilmiah fauna Indonesia yang dimiliki MZB dipindahkan ke gedung baru Wiyasatwaloka di kawasan CSC yang memiliki fasilitas berstandar internasional. Gedung museum lama di Kebun Raya Bogor tetap menjadi museum pameran, sedangkan seluruh kegiatan penelitian dilakukan di gedung baru. Komitmen LIPI saat ini akan terus melakukan kegiatan ekspedisi di seluruh wilayah Indonesia sehingga jumlah koleksi ilmiah fauna Indonesia semakin lengkap dan dikenal dunia, tandasnya.

Peneliti Pusat Penelitian Biologi LIPI sekaligus Direktur Museum Zoologicum Bogoriense LIPI Prof. Dr. Rosichon Ubaidillah menjelaskan, kekayaan koleksi ilmiah MZB hingga sekarang telah mencapai 3.015.846 spesimen yang terdiri dari 2.484 jenis koleksi Moluska, 134 jenis cacing nematoda, 12.000 jenis serangga, 780 jenis krustasea, 1.200 jenis ikan, 498 jenis reptil, 334 jenis amfibi, 1.100 jenis burung dan 470 jenis mamalia.

Sayangnya, lanjut dia, keterbukaan akses serta publisitas yang minim membuat MZB kurang dikenal masyarakat umum. Bahkan museum pameran MZB yang terletak di dalam Kebun Raya Bogor masih kalah populer di bandingkan museum sejenis seperti Museum Batu Secret Zoo di Jawa Timur dan Museum Rahmat di Medan. Oleh karena itu, MZB bekerja sama dengan Masyarakat Zoologi Indonesia (MZI) mencoba mengubah pandangan masyarakat tentang kesan museum yang tertutup dan membosankan menjadi museum yang menarik untuk dikunjungi. Pada peringatan Ke-120 tahunnya, kami membuat kegiatan Open House dan Science Camp yang menjadi media publikasi untuk menyampaikan perkembangan iptek khususnya tentang fauna Indonesia kepada masyarakat luas, ungkap Rosichon.

Dikatakannya, open house adalah kegiatan yang melibatkan semua elemen masyarakat. Mereka terlibat dan berinteraksi langsung dengan para staf peneliti melalui media display, acara game/kuis, multimedia dan sebagainya. Open house dibuat pula agar lebih komunikatif sehingga nantinya museum akan menjadi tempat yang nyaman untuk berkunjung, bermain dan belajar. Sedangkan, science camp adalah kegiatan yang menitikberatkan pada transfer ilmu pengetahuan zoologi bagi peserta yang dikemas dalam bentuk kegiatan kemah/outdoor. Kedua kegiatan ini diharapkan memperluas pengetahuan masyarakat tentang keanekaragaman fauna Indonesia serta meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat dalam upaya pelestariannya, pungkas Rosichon.

Keterangan Lebih Lanjut:
- Prof. Dr. Rosichon Ubaidillahi (Direktur Museum Zoologicum Bogoriense LIPI)
- Nur Tri Aries Suestiningtyas, MA (Kepala Biro Kerjasama, Hukum dan Humas LIPI)

Note/Undangan:
Siaran Pers ini sekaligus UNDANGAN bagi rekan media untuk menghadiri OPEN HOUSE MZB ke-120 Tahun pada 30 September 2014 di Gedung Widyasatwaloka, Cibinong Science Center, pada pukul 08.00 WIB. Rekan Media Jakarta, bisa berkumpul dan berangkat bersama dari Kantor Humas LIPI Gedung SWS Lt. 5, Jl. Gatot Subroto 10 Jakarta pukul 07.00 WIB.

Siaran Pers ini dibuat oleh Humas LIPI

Sivitas Terkait : Rosichon Ubaidillah

Diakses : 1291