Peringati HUT Ke-45 KORPRI, Presiden Imbau ASN Tingkatkan Pelayanan Publik

 
 
Jakarta, Humas LIPI. Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-45 Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI), Presiden Joko Widodo mengimbau agar segenap Aparatur Sipil Negara (ASN), termasuk para sivitas Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat.
 
Hal ini disampaikan Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik (IPT) LIPI, Laksana Tri Handoko saat membacakan sambutan Presiden RI dalam upacara peringatan HUT ke-45 KORPRI di Lapangan LIPI Pusat Jakarta, Selasa (29/11). Segenap sivitas LIPI di lingkungan Jakarta dan sekitarnya hadir dalam upacara tersebut.
 
Handoko menekankan, agar Indonesia bisa menjadi bangsa pemenang dalam era kompetisi global, maka bangsa ini membutuhkan anggota KORPRI yang disiplin, bertanggung jawab, dan berorientasi kerja. “Pelayanan publik harus dilaksanakan secara  lebih murah, lebih cepat, lebih akurat, dan semakin baik,” imbaunya.
 
Selain meningkatkan pelayanan publik, lanjut Handoko, Presiden Joko Widodo juga mengimbau seluruh ASN untuk meneguhkan netralitas dan meningkatkan profesionalisme aparatur sipil negara. “Semangat tersebut sangat tepat dalam menyambut pesta demokrasi Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Serentak pada 2017,” tuturnya.
 
Dikatakan Handoko, momentum Pilkada Serentak 2017 hendaknya dapat dijadikan sebagai ajang ujian atas netralitas dan profesionalisme aparat dalam menerapkan Panca Prasetya KORPRI. “Pengabdian anggota KORPRI hanyalah kepada negara, bangsa, dan rakyat, bukan kepada Individu atau golongan,” ujarnya.
 
Selain itu, KORPRI akan segera bertransformasi menjadi Korps Profesi Pegawai Aparatur Sipil Negara RI. “Dalam bentuk baru itu, fungsi pemerintahan yang diemban berupa pembinaan dan pengembangan profesi Aparatur Sipil Negara, memberikan perlindungan hukum dan advokasi kepada anggota ASN, memberikan rekomendasi terhadap pelanggaran kode etik dan kode perilaku, serta meningkatkan kesejahteraan anggotanya,” imbuh Handoko.
 
Korps Profesi Pegawai Aparatur Sipil Negara RI ini ke depannya diharapkan dapat menjadi pusat inovasi dan tempat lahirnya loncatan-loncatan kemajuan dalam peningkatan kualitas pelayanan publik, ujar Handoko mengakhiri pembacaan sambutan Presiden.
 
Sebagai informasi, LIPI sendiri pada kesempatan yang sama juga mengirimkan delegasi sebanyak 100 orang untuk mengikuti upacara puncak peringatan HUT KORPRI yang berlangsung di Monumen Nasional (Monas) Jakarta. Delegasi ini terbagi menjadi dua, yakni 50 orang berpakaian adat dan sisanya 50 orang lagi berpakaian KORPRI lengkap. (msa/ed:pwd)

Sumber : Biro Kerja sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Dr. Laksana Tri Handoko M.Sc.
Diakses : 1015