Perusahaan Malaysia dukung peneliti 70 persen, di RI cuma 30 persen

 
 
Merdeka.com - Penghargaan dan dukungan terhadap para peneliti di Indonesia masih jauh dari harapan. Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Iskandar Zulkarnain menyebut dibandingkan dengan Indonesia, dukungan perusahaan Malaysia terhadap para penelitinya jauh lebih besar.

"Kalau kita lihat rasio perbandingan antara belanja yang dibelikan pemerintah dan swasta dalam aktivitas research itu masih didominasi pemerintah di Indonesia, rasio 70-30 padahal di Malaysia sudah sejak lama berbalik, " kata Iskandar di kantornya, Jakarta, Rabu (29/4).

Padahal seharusnya perusahaan wajib menggelontorkan dana research senilai 1 persen dari penjualannya. Namun hal tersebut tidak banyak dilakukan perusahaan Indonesia.

"Kalau kita bekerja sama dengan mereka, mereka tidak perlu mengadakan infrastruktur sehingga pengembangan jadi lebih cepat jadi apa yang diinginkan industri cepat tercapai, " sambung dia.

Untuk mendorong kerja sama antara industri dan peneliti, di hari ulang tahunnya yang jatuh pada Agustus mendatang, LIPI akan memberikan anugerah LIPI Science Based Industrial Innovation Award kepada perusahaan yang menjadikan inovasi berbasis IPTEK sebagai bagian utama strategi bisnis.

[did]
Sumber : Merdeka.com, 3 Mei 2015

Sivitas Terkait : Iskandar Zulkarnain

Diakses : 889