Peserta PIRN Teliti 9 Objek di Jombang

 
 
JOMBANG - Selama Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional (PIRN) Ke-X di Kabupaten Jombang, para peserta akan melakukan penelitian di sembilan titik di kabupaten tersebut. Rencananya hasil dari penelitian ini akan disampaikan ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang.

Sembilan titik tersebut di antaranya, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Desa Banjardowo, Pondok Pesantren Darul Ulum (PPDU) di Desa Rejoso, Kawasan Pemandian Sendang Made di Desa Ngusikan, Objek Pertanian di Desa Megaluh, Pusat Pelatihan Pertanian Sadar Tani di Desa Bareng, Kerajinan Cor Kuningan di Desa Mojotrisno, Daerah Aliran Sungai (DAS) Brantas, dan lain-lain.

Tujuan dari penelitian itu, kata Wakil Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Prof. Dr. Endang Sukara adalah peserta dapat memahami dan menerapkan metode penelitian yang akan diajarkan oleh para instruktur.

"Pada akhir acara PIRN, akan dipresentasikan hasl dari penelitian di sembilan titik tersebut kepada kepala daerah untuk selanjutnya ditindaklanjuti. Sehingga dapat dijadikan sebagai aset daerah, " kata Endang usai pembukaan acara PIRN di Pendopo Kabupaten Jombang, Senin (4/7/2011).

Dia menjelaskan, dipilihnya sembilan titik tersebut bukan tanpa alasan. Sebab, sebelum digelar PIRN ini pihak LIPI telah melakukan riset kecil di beberapa tempat di Jombang. Hasilnya, lanjut Endang, didapat sembilan titik yang dianggap layak untuk diteliti karena berpotensi.

Endang mengambil PPDU sebagai contoh. Pondok pesantren ini dianggap sebagai representasi pondok pesantren yang ada di Kabupaten Jombang. Di pesantren ini, para peserta akan meneliti dari segi kultur sosial masyarakat pondok pesantren.

"Jombang juga merupakan perpaduan budaya antara Mataram dan Majapahit. Tentunya perpaduan itu menjadikan masyarakat Jombang yang egaliter dan terbuka. Di situlah yang menarik untuk diteliti, " ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, PIRN akan dihelat dari 3-9 Juli mendatang di SMA Negeri 3 Jombang. Agenda rutin LIPI kali ini diikuti 538 peserta dari SMA dan SMP seluruh Indonesia.(rhs)

Okezone.com
Senin, 04 Juli 2011

Sivitas Terkait : Endang Sukara

Diakses : 927