Plt Kepala LIPI: Evaluasi Struktur Organisasi Diharapkan Pacu Kinerja Lembaga

 
 

Kota Bogor, Humas LIPI. Posisi strategis kelembagaan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) perlu secara terus-menerus diperkuat lagi ke depan. LIPI tidak hanya bertanggung jawab untuk penelitian semata, melainkan juga mampu menghasilkan berbagai solusi bagi kesejahteraan masyarakat melalui iptek.

Oleh karena itu, kinerja organisasi harus selalu dievaluasi. Utamanya terkait dengan struktur organisasi. “Evaluasi struktur organisasi perlu dilakukan agar kinerja lembaga bisa terpacu lebih baik lagi,” kata Plt Kepala LIPI, Bambang Subiyanto kepada rekan media massa di sela-sela Rapat Kerja LIPI di Kota Bogor, Jawa Barat pada Selasa (6/3/2018).
 
Terkait dengan penyelenggaraan Rapat Kerja LIPI, Bambang mengharapkan bahwa rekomendasi yang dihasilkan dalam rapat kerja harus bisa langsung dilaksanakan. Apalagi rekomendasinya juga dinantikan oleh Menteri Pemberdayaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi terkait evaluasi kelembagaan LIPI secara menyeluruh.



Turut menghadiri Rapat Kerja LIPI, Sekretaris Jenderal Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Ainun Na'im, menuturkan bahwa Rapat Kerja LIPI diharapkan memberikan luaran untuk mendukung inovasi bangsa. Ini juga sejalan dengan tema rapat kerja yang menyoroti strategi LIPI untuk mendukung daya saing bangsa.
 
Dijelaskannya, peningkatan daya saing bangsa adalah keharusan dalam perkembangan dunia yang tengah memasuki era Revolusi Industri 4.0. Salah satunya dengan penguasaan iptek yang akan meningkatkan inovasi dan kreatifitas. Perkembangan iptek berdampak sangat cepat pada sosial ekonomi.
 
“Faktor inovasi adalah faktor yang dominan. Inilah yang akan mendorong kemajuan ekonomi Indonesia. Kita tidak bisa hanya bergantung pada komoditas saja untuk membangun infrastruktur sosial kita, melainkan basis inovasi dan kreatifitas juga menjadi tumpuan,” paparnya.
 
Ainun mengungkapkan, LIPI sebagai salah satu lembaga yang bertugas dalam pengembangan ilmu pengetahuan memiliki peran yang sangat penting dalam hal ini. Dirinya berharap LIPI mampu merumuskan strategi-strategi dalam menyelesaikan permasalahan bangsa, utamanya dalam peningkatan daya saing bangsa. Disamping itu juga dapat menjadi rujukan bagi lembaga lain yang memiliki tugas yang sama dalam pengembangan iptek untuk saling bersinergi.
 
Sekedar informasi, Rapat Kerja LIPI sendiri diikuti oleh para pejabat administrasi dan pejabat pimpinan tinggi dari seluruh satuan kerja LIPI. Rapat kerja ini berlangsung selama tiga hari pada Selasa-Kamis (6-8/3/2018). (pwd/ed: dig)




 
Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Prof.Dr.Ir. Bambang Subiyanto M.Agr.