Profil Esquire : LAKSANA TRI HANDOKO

 
 

Lahir di Malang, 7 Mei 1968, Handoko adalah pria berotak canggih dengan torehan prestasi mengagumkan. Sebut saja PII Adhidarma Profesi Award, Penemuan Baru yang Bermanfaat bagi Negara (PB3N), Anugerah Kekayaan Intelektual Luar Biasa, 101 Inovasi Paling Prospektif, Satyalancana Wira Karya, Achmad Bakrie Award, dan Habibie Award.

Sebagai Direktur Pusat Penelitian Informatika (P2I) LIPI, apa garis besar tugas Anda

Bagaimana memfasilitasi orang untuk meneliti dengan baik. Agar mendapatkan output yang bagus.

Baru setahun Anda menjadi pimpinan orang-orang pintar (peneliti) namun sudah merevolusi sistem yang ada di LIPI. Aksi paling mencolok adalah sistem online pendaftaran CPNS LIPI. Seberapa parah sistem tersebut sehingga perlu dirombak

Itu merupakan salah satu cara untuk mengubah sistem. Masa CPNS LIPI dari dulu kongkalikong (KKN). Terlebih untuk urusan isi kepala . Tidak mungkin melakukan kongkalikong untuk mengambil isi kepala . Proses tersebut sudah berjalan sejak 2005. Bisa dilihat secara online perbedaan kriteria generasi di tahun 2005 sesudah dan sebelumnya. Saya tidak bilang semua (peneliti) itu jelek, namun secara keseluruhan masih jauh dari ekspektasi. Apabila tidak ada perombakan nantinya bakal dongkol dan ngedumel sendiri. Perubahan ini mungkin mengundang pertentangan, namun saya tidak peduli. Wong ia (yang menentang) tidak mengurusi orang lain kenapa harus mengurusi ia (yang menentang). Sementara peneliti yang benar tidak mungkin komplain.

Sebagai (mantan) peneliti kini direktur, Anda tidak merasa kehilangan waktu untuk melakukan hobi

Kini saya harus mengurus banyak orang. Otomatis waktu meneliti berkurang. Awalnya sih agak gimana gitu ya. Namun katanya sudah waktunya untuk saya memikirkan orang lain. Jadi sudahlah saya terima. Walaupun sebenarnya saya bukan tipe birokrat. Toh, saya tidak terlalu merasakan hambatan. Karena ketika tahun 2002 kembali ke Indonesia dan menjadi peneliti, saya memiliki grup penelitian yang bisa melibatkan belasan penelitian. Jadi dalam konteks tersebut, saya mengerti soal manajemen meski dalam ruang lingkup lebih kecil.
Sumber : Esquire, November 2013

Sivitas Terkait : Laksana Tri Handoko

Diakses : 1780