Puluhan penelitian jadi finalis kompetisi ilmiah LIPI

 
 
Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 93 karya ilmiah hasil penelitian peserta dari berbagai sekolah di Indonesia, berhasil menjadi finalis dalam Kompetisi Ilmiah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) 2012.

Menurut Kepala Bagian Peningkatan Kemampuan Ilmiah Biro Kerja Sama dan Pemasyarakatan IPTEK (BKPI) LIPI, Yusuar, selalu ada peningkatan jumlah peserta dan kebaruan tema penelitian di setiap tahunnya.

"Tahun ini, ada 93 karya ilmiah baik individu maupun kelompok yang menjadi finalis dalam empat kategori lomba, " kata Yusuar di Gedung LIPI, Jakarta, pada Selasa.

Keempat kategori tersebut didasarkan pada tingkatan umur peserta dan bidang penelitian, yakni Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) Ke-44, Lomba Karya Ilmiah Guru (LKIG) Ke-20, Pemilihan Peneliti Remaja Indonesia (PPRI) Ke-11, dan National Young Inventor Awards (NYIA) ke-5.

"Kecuali untuk NYIA, tidak ada pembagian umur maupun bidang penelitian. Semuanya terkelompok menjadi satu, " kata Yusuar.

Dalam Kompetisi Ilmiah LIPI 2012 ini, terdapat 28 karya ilmiah finalis LKIR, 25 karya ilmiah finalis LKIG, 15 karya ilmiah finalis PPRI, dan 25 karya ilmiah NYIA.

Selain menyelenggarakan berbagai kategori lomba yang berlangsung pada 25-26 September, LIPI juga menyediakan ruang pameran bagi para peserta untuk memajang hasil karya ilmiah mereka.

Yusuar mengatakan dewan juri yang menguji para finalis merupakan anggota konsul Peneliti LIPI di berbagai bidang.

"Selain menguji tingkat keilmiahan, inovasi juga menjadi faktor penting dalam kompetisi ini, " kata Yusuar.
(A060)
Sumber : ANTARA (Selasa, 25 September 2012)

Sivitas Terkait : Yusuar

Diakses : 1804