Riset untuk Peningkatan Pemanfaatan Potensi Daerah

 
 

Banyuwangi, Humas LIPI. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) membuka seluas-luasnya infrastruktur dan sumber daya peneliti kepada setiap daetah untuk meningkatkan pemanfaatan potensi daerah. “LIPI mempunyai fasilitas riset, peneliti, dan  teknologi untuk meningkatkan kemampuan dan produktivitas usaha kecil menengah di daerah melalui Pusat Penelitian Teknologi Tepat Guna, terang Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko kepada Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas di Banyuwangi, Jawa Timur pada Selasa (25/6).

Handoko menjelaskan beberapa teknologi LIPI yang sudah digunakan oleh UKM di dearah seperti teknologi pengemasan makanan tradisional. “Beberapa jenis makanan tradisional seperti gudeg dan mangut saat ini sudah hadir dalam kemasan kaleng sehingga nilai jualnya semakin bertambah,” terang Handoko.

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas menyambut antusias tawaran dari  LIPI dan akan segera mempersiapkan penandatanganan kerjasama dengan LIPI untuk bidang dan sektor strategis yang potensial di Banyuwangi. “Kami berharap kerja sama penelitian bisa diterapkan di sektor unggulan Banyuwangi seperti pariwisata,” ujarnya.  

Kepala LIPI kemudian mengunjungi beberapa fasilitas unggulan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi seperti Mall Pelayanan Publik. Selanjutnya Kepala LIPI melakukan penanaman pohon langka jenis Hopea sangal dan Diospyros celebica yang merupakan koleksi dari Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi LIPI. (sl/ed: fz)


Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Dr. Laksana Tri Handoko M.Sc.
Diakses : 257