SMKN 1 Tengaran Wakili Indonesia di Ajang IEYI 2012

 
 

Siswa SMK Negeri 1 Tengaran, Kabupaten Semarang, Nur Chabibur Rohim (17), bersama lima siswa dari sekolah lain mewakili Indonesia pada ajang International Exhibition for Young Inventors di Bangkok, Thailand. Tim SMKN 1 terpilih karena temuan program permainan edukatif berbasis mobile untuk siswa SD, Jarimatika.

Hanya satu yang dibiayai Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, kata Wakil Kepala SMKN 1 Tengaran Tutik Mardining Lestari di Kabupaten Semarang, Rabu (21/3).

Jarimatika merupakan teknik berhitung menggunakan jari tangan. Ada dua level permainan. Pada level satu, anak diminta menebak angka berapa yang ditampilkan jari tangan. Ada tiga pilihan jawaban dan lima soal. Pemain akan mendapat skor 20 untuk satu jawaban benar sehingga poin maksimal 100.

Nur Chabibur Rohim, siswa kelas II, akan didampingi guru pendamping jurusan rekayasa perangkat lunak. Lomba berlangsung pada 28-30 Juni 2012 diikuti ratusan peserta dari 38 negara. Enam sekolah dari Indonesia di antaranya dari Semarang, Bogor, Yogyakarta, dan Gresik. Bidang-bidang yang dilombakan antara lain penemuan yang berkelanjutan berkaitan dengan perubahan iklim, ramah lingkungan, dan teknologi lingkungan.

Hal utama yang akan dilakukan SMKN 1 Tengaran adalah meningkatkan sistem operasi, dari sistem standar Indonesia menjadi standar internasional. Aplikasi permainan juga ditingkatkan, dari 5 soal menjadi 15 soal. Desain juga akan ditingkatkan, terutama animasi karakter Joko Tingkir akan dibuat lebih menarik. Siswa juga akan dibekali kemampuan bahasa Inggris dan kesenian untuk ditampilkan. Untuk itu, guru Bahasa Inggris dan guru Kesenian akan dilibatkan. (UTI)
Sumber : Kompas, 22 Maret 2012

Diakses : 1693