Sampai Berjumpa Lagi, Banyuwangi....

 
 
Banyuwangi, Humas LIPI. Gelaran Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional (PIRN) Tahun 2019 di Banyuwangi yang telah berlangsung selama sepekan sejak Senin (24/6) lalu resmi berakhir. 

Setelah berkutat dengan teori dan metodologi penelitian, berjibaku dengan pengumpulan data lapangan, serta beradu argumen mempertahankan laporan penelitian di bawah bimbingan peneliti-peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), PIRN resmi ditutup pada Jumat (28/6) di Gasibu Blambangan, Banyuwangi. 

"Saya berharap para peserta tetap mengingat pengalaman enam hari selama PIRN Tahun 2019 di Banyuwangi agar tidak ada lagi kesan penelitian itu menjemukan," ujar Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI, Agus Haryono. Dirinya juga menyampaikan terima kasih kepada segenap jajaran pemerintah kabupaten Banyuwangi atas sambutan hangat dan meriah kepada seluruh peserta PIRN. 

Agus berharap, seluruh rangkaian kegiatam PIRN mampu menumbuhkan semangat mencintai sains bukan hanya lewat pembelajaran kelas namun aktivitas sehari hari. "PIRN memberikan pembelajaran untuk berkolaborasi. Semoga nantinya kolaborasi ini berguna di masa depan."

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi, Sulihtiyono kolaborasi pembinaan ilmiah dengan LIPI akan berlanjut di kegiatan-kegiatan lain. "Bupati telah memberikan instruksi kepada dinas terkait untuk segera menindaklanjuti di level teknis kegiatan-kegiatan pembinaan ilmiah dan pemanfaatan hasil riset," jelasnya.

Andrianus Amrose, salah satu peserta dari Merauke mengungkapkan keikutsertaannya dalam PIRN memberikan banyak pengalaman berharga yang terus diingatnya. "Pergi ke Banyuwangi adalah perjalanan pertama saya keluar dari Merauke. Naik pesawat ke Surabaya, transit di Makassar. Lalu naik kereta api ke Banyuwangi setelah menginap semalam di Surabaya," terangnya. Dirinya kegiatan-kegiatan pembinaan ilmiah LIPI bisa dilakukan di daerahnya. 

Penutupan PIRN Tahun 2019 di Banyuwangi lalu dimeriahkan parade pentas seni budaya dari masing-masing daerah peserta. Mulai dari Aceh, Makassar, Ambon, Papua dan tuan rumah Banyuwangi. (fz)
Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Dr. Agus Haryono M.Sc.