Sedan Listrik Hevina Batal Meluncur 20 Mei

 
 
JAKARTA- Sedan listrik milik Kementerian Riset dan Teknologi yang bekerja sama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) telah melewati masa uji coba. Mobil ini adalah salah satu model kendaraan yang telah dibangun Menristek sampai di tahun 2013.

Mobil penumpang yang diberi nama Hevina ini merupakan singkatan dari "Hybrid Electric Vehicle Indonesia ".

Belum ada spesifikasi resmi yang dikeluarkan Menristek ataupun LIPI, namun kabarnya sistem penggerak listrik dikembangkan sendiri oleh anak bangsa. Sementara penambahan girbox akan menjadi pembeda dari Tuxuci, mobil listrik milik Menteri BUMN, Dahlan Iskan.

Okezone sempat mewartakan Hevina akan rilis di pertengahan bulan ini, lebih tepatnya tanggal 20 Mei. Namun tanggal peresmian yang rencananya masih menggunakan model prototipe tersebut batal terlaksana.

"Sebelumnya memang rencana tanggal 20 Mei, tapi kebetulan Pak Menteri sedang ada kesibukan, jadi kami undur sampai akhir bulan atau awal bulan pas tanggal 1 Juni, " ungkap Abdul Hapid, Koordinator Penelitian LIPI, saat dikonfirmasi Okezone belum lama ini.

Perihal keberadaan Hevina masih dirahasiakan, Hapid beralasan mobil yang dipasangi nomor plat RI 35 tersebut belum siap menjadi konsumsi publik. "Mobil ada di tempat rahasia, sudah banyak yang menanyakan, nanti kita keluarkan, " tutup Hapid. (zwr)
Sumber : Okezone.com

Sivitas Terkait : Abdul Hapid

Diakses : 1341