Selamat Jalan Pak Akmadi

 
 
Bogor, Humas LIPI. Kabar duka kembali menghampiri sivitas Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Wakil Kepala LIPI periode 2014-2016, Akmadi Abbas wafat pada Jumat (20/10) di Bogor, Jawa Barat. Akmadi wafat pada usia 61 tahun pada pukul 02.00 WIB di rumah sakit BMC Bogor. “Innalillahi wainnailaihi raji’un, kita telah kehilangan salah satu peneliti terbaik LIPI dan mantan Wakil Kepala LIPI pada Jumat dini hari sekitar pukul  02.00 WIB dirumah sakit BMC Bogor, Jawa Barat,” ujar Pelaksana Tugas Kepala LIPI, Bambang Subiyanto.

Bambang mengatakan, almarhum Akmadi Abbas adalah sosok yang sederhana dan berdedikasi tinggi pada karirnya. Dia setelah usai melaksanakan tugasnya selaku Wakil Kepala LIPI pada 2016 lalu kembali sebagai peneliti pada Pusat Penelitian Biomaterial. “Kami seluruh sivitas LIPI sangat berduka atas meninggalnya beliau. Semoga beliau dilapangkan jalannya dan diterima segala amal ibadahnya di sisi Allah SWT,” kata Bambang.

Sebagai informasi, almarhum Akmadi Abbas lahir di Cirebon pada 29 September 1956. Dia meninggalkan seorang istri, Rita Nur Suhaeti, dan empat orang anak yakni Andika Anjaresta, Viona Phrynandya, Revaz Mahandhika Jagatlaga, dan Dyadra Mariana Elvareta. Lebih lanjut, Akmadi diangkat menjadi Wakil Kepala LIPI sejak 2014. Ia  menempuh pendidikan S1 di Fakultas Teknologi Pertanian Jurusan Mekanisasi Pertanian, Institute Pertanian Bogor (IPB) pada 1981. Sedangkan gelar S2 diraihnya pada  1989 di University of New South Wales, Sydney, Australia dan gelar S3 Bidang pertanian di Universitas Padjadjaran pada 2010.

Akmadi bergabung di LIPI menjadi peneliti sejak 1982. Pada 1996-2010, dia diangkat menjadi Kepala Pusat Pengembangan Teknologi Tepat Guna (TTG) LIPI yang saat awal masih bernama Balai Pengembang TTG LIPI, Subang. Ia diangkat menjadi Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan (BPK) pada 2010-2012 dan kemudian dilantik menjadi Sekretaris Utama LIPI pada 2012-2014. Selain berkarir pada struktural LIPI, beliau juga aktif pada kegiatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Daerah (IPTEKDA) LIPI yang membina dan membantu mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di daerah agar memiliki daya saing dengan bantuan teknologi. Akmadi juga secara konsisten melakukan penelitian tentang bioteknologi dan pascapanen.
 
Sebelum dimakamkan, jenazah Akmadi Abbas disemayamkan di rumah duka Komplek LIPI Baranangsiang, Jalan Bina Marga No. 11A, Bogor, Jawa Barat. Pelaksanaan pelapasan jenazah oleh pimpinan LIPI dilakukan di Masjid Kipayatul Abidin Kebun Raya Bogor LIPI pada Jumat (20/10) pukul 09.00 WIB. Akmadi dimakamkan seusai sholat Jumat di Pemakaman Keluarga di Lemah Duhur Cimande, Jalan Raya Sukabumi Talang 2, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (lyr/ed:isr)


 

Sumber : Biro Kerjasama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Prof.Dr.Ir. Bambang Subiyanto M.Agr.