Serunya Pameran Lomba Karya Ilmiah di LIPI

 
 
JAKARTA - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menggelar pameran lomba karya ilmiah di Gedung Widya Graha, Senin (3/10/2011) siang ini.

Pameran tersebut merupakan bagian dari rangkaian acara Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) ke-43, Lomba Karya Ilmiah Guru (LKIG) ke-19, Pemilihan Peneliti Remaja Indonesia (PPRI) ke-10, dan National Young Inventor Award (NYIA) keempat yang diselenggarakan LIPI dan Asuransi Jiwa Bumi Putera 1912.

Ketua panitia empat kompetisi ilmiah LIPI, Bogie Soedjatmiko Eko Tjahjono mengatakan, peserta yang mengikuti pameran merupakan finalis dari keempat lomba tahunan yang digelar LIPI. "Ke-89 merupakan finalis lomba yang nantinya akan diminta untuk di presentasikan dan dinilai oleh para juri, " katanya kepada okezone di sela acara lomba karya ilmiah, Senin (3/10/2011).

Tahun ini, lanjut Bogie, jumlah karya ilmiah yang masuk bertambah. "Tahun ini sedikitnya 1.800 karya ilmiah yang diajukan dari keempat lomba yang di gelar LIPI. Namun, kami menyaring hingga 89 karya, " terangnya.

Adapun beberapa karya ilmiah yang dipamerkan antara lain, Meningkatkan Perhatian Siswa Autis dengan Media Refleksi Kartu Gambar Beraroma, Pemanfaatan Limbah Cangkang Keong Sawah untuk Pembuatan Biodiesel, dan Pemanfaatan Vibrasi Handphone Bekas Layak Pakai untuk Alat Kontrol Pakan Ayam via SMS.

Dia memaparkan, lomba dengan total hadiah senilai Rp30juta tersebut diikuti oleh peserta dari seluruh provinsi di Indonesia. "Namun, tahun ini didominasi oleh peserta dari Jawa Tengah, " imbuhnya.

Penasaran dengan karya lainnya Kamu bisa datang ke gedung LIPI Graha Widya lantai satu hingga pukul 19.00 WIB.(rhs)

Okezone.com
Senin, 03 Oktober 2011

Sivitas Terkait : Bogie Soedjatmiko Eko Tjahjono

Diakses : 1469