Si Raja Laut Coelacanth Jadi Primadona Booth LIPI di Sail Sabang 2017

 
 
Sabang, Humas LIPI. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) turut serta memamerkan hasil-hasil penelitian bidang kelautan di kegiatan pameran Wonderful and Marine Expo di Sail Sabang 2017 pada 1 – 5 Desember 2017 lalu. Puluhan ribu pengunjung pun menyambangi pameran di Sail Sabang kali ini. Mereka mengunjungi ratusan booth yang turut meramaikan kegiatan tahunan itu, termasuk pula booth LIPI.
 
Khusus booth LIPI, ada puluhan hasil penelitian yang menghiasi di dalamnya. Tilik saja, ada hasil penelitian budidaya teripang, bandeng, dan rumput laut. Kemudian, ada juga hasil penelitian terkait morfologi Lobster (Panulirus Homarus) dan jenis-jenis ikan Pari. Masih ada pula beragam buku hasil penelitian kelautan, film-film hasil penelitian, dan lainnya.
 
Tak hanya itu, masih ada hasil penelitian tentang ikan purba yang berjuluk Si Raja Laut Coelacanth.  Replika ikan purba ini pun terpajang dengan indah di dalam booth. Dan, ternyata Coelacanth menjadi primadona para pengunjung karena memiliki daya tarik tersendiri.
 
Tengok saja pendapat Mukhlis, salah satu pengunjung booth LIPI di Sail Sabang. Ketika masuk ke dalam booth, apa yang pertama menarik pandangan matanya? Ya, dia begitu takjub tatkala melihat replika Coelacanth.
 
Dengan seksama, dia pun mengamati replika ikan purba itu hingga melihat filmnya secara detil hingga selesai. “Sungguh luar biasa, kita bisa melihat ikan purba langka ini. Apalagi umurnya 65 juta tahun yang lalu,” tuturnya.
 
Tak hanya Mukhlis saja ternyata yang tertarik melihat Coelacanth. Puluhan pengunjung lain pun silih berganti mencermati dan mengamati dengan seksama ikan purba tersebut. Dan bahkan, para pengunjung rela untuk mengantri demi melihat koleksi langka itu.
 
Ratusan Peserta Pameran
 
Sementara itu, perhelatan pameran Wonderful and Marine Expo di Sail Sabang 2017 sendiri mendapat antusiasme yang tinggi dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, lembaga, industri, dan kalangan swasta lainnya. Terbukti ratusan peserta pameran mengikuti kegiatan tersebut. Selain itu, ada belasan kapal dari dalam dan luar negeri juga turut memeriahkannya, termasuk pula Kapal Riset Baruna Jaya VIII milik LIPI.





Pameran tersebut dibuka secara langsung oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla. Tema pameran adalah “Sabang Menuju Gerbang Destinasi Wisata Bahari Dunia”. Lokasi pameran dipusatkan di Pelabuhan CT-3 Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS), Sabang, Aceh.
 
Pelaksana Tugas Kepala LIPI, Bambang Subiyanto di sela-sela pameran mengungkapkan bahwa keikutsertaan pameran diharapkan mampu lebih memasyarakatkan hasil-hasil penelitian LIPI di bidang kelautan. Kemudian, lokasi pameran di Sabang juga pas dengan rencana LIPI untuk membuka stasiun penelitian di wilayah tersebut.
 
“Kami perlahan telah mulai membangun stasiun penelitian di Sabang. Stasiun ini rencananya akan menjadi tempat pelatihan budidaya hasil penelitian sumber daya laut, yang ke depan dapat dimanfaatkan secara langsung bagi masyarakat sekitarnya,” jelas Bambang.
 
Dirhamsyah, Kepala Pusat Penelitian Oseanografi LIPI mengimbuhkan bahwa keberadaan stasiun penelitian di Sabang akan memperluas area penelitian potensi laut kawasan barat Indonesia. Kemudian, dia melihat pula bahwa keberadaan LIPI di Sabang juga akan berupaya menyelesaikan berbagai persoalan yang ada, seperti rehabilitasi hutan mangrove yang terbengkalai akibat bekas tempat pembuangan kapal-kapal bekas dan persoalan lainnya.  (sob/ed: pwd,dig)

Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Dr. Dirhamsyah M.A.