Soft Launching Produk Unggulan LIPI: Bus dan Mobil Listrik Hevina dan Smartphone BandrOs

 
 
Tepat tanggal 23 Agustus 2013, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) genap berumur 46 tahun. Sebagai lembaga penelitian tertua dan terbesar di Indonesia, LIPI ditantang untuk dapat terus berkontribusi terhadap pembangunan dan kesejahteraan masyarakat melalui Iptek. Dengan tema Bakti LIPI untuk NKRI, LIPI akan melakukan serangkaian acara menarik pada rangkaian peringatan hari jadinya yang akan berlangsung di Kawasan Puspiptek Serpong, tanggal 26 Agustus 2013

Tangerang Selatan, 23 Agustus 2013. Dengan berbagai prestasi yang diraih LIPI, Prof. Dr. Lukman Hakim, Kepala LIPI terus mengingatkan untuk tetap mawas diri dan melakukan refleksi agar posisi LIPI sebagai salah satu lembaga riset berkelas dunia dapat dijaga. Salah satu tantangan ke depan adalah meningkatkan jumlah publikasi ilmiah, walaupun saat ini LIPI masih merupakan kontributor terbesar dari karya ilmiah nasional, tandasnya.

Dikatakan Lukman, tantangan lainnya adalah komposisi jumlah peneliti LIPI terasa masih kurang apabila dibandingkan dengan para administrasinya. Oleh karena itu, LIPI ingin mengubah komposisi tersebut agar jumlah peneliti lebih banyak dibandingkan administrasi. Salah satu usahanya yakni meningkatkan jumlah peneliti LIPI melalui rekruitmen dengan alokasi penerimaan pegawai baru LIPI sebanyak 250 orang untuk 2013 ini. Saya mengharap, melalui rekrutmen ini, dalam lima tahun ke depan, komposisi sivitas LIPI sudah dapat mencapai 50:50, dimana jumlah peneliti dan tenaga pendukung sama jumlahnya, tukasnya.

Sebagai informasi, rangkaian peringatan HUT LIPI Ke-46 dengan tema Bakti LIPI untuk NKRI akan ditandai dengan soft launching sejumlah hasil penelitian unggulan. Penelitian tersebut ialah Smartphone BandrOs, Mobil dan Bus Listrik. BandrOs yang merupakan kepanjangan dari Bandung Raya Operating System adalah ponsel cerdas anti sadap dengan menggunakan sistem operasi (OS) open-source berbasis Linux.

Sistem operasi itu merupakan pengembangan dari sistem operasi desktop yang sudah diciptakan sebelumnya. Prototipe dari ponsel pintar ini menggunakan processor MTK 6575-cortex A9 1Ghz, memanfaatkan jaringan GSM, layar touchscreen, Dual SIM, dan kamera 2MP. Diharapkan ponsel ini dapat digunakan tidak hanya untuk consumer good, tapi juga untuk segmen pemerintahan dan korporat.

LIPI juga akan meluncurkan dan menyerahkan mobil dan bus listrik kepada Menteri Riset dan Teknologi RI. Mobil Hevina yang ramah lingkungan karena tidak menimbulkan polusi ini terbagi dalam dalam dua varian bentuk, yaitu mobil dalam bentuk sedan dan bus yang diperuntukkan untuk Executive Meeting. Mobil dan bus listrik ini memiliki keunggulan antara lain tidak bising dan irit bahan bakar. Mobil dan Bus Listrik ini rencananya akan diluncurkan secara resmi dan diserahkan ke Menteri Negara Riset dan Teknologi RI Prof. Dr. Gusti Mohammad Hatta di acara puncak peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional tanggal 29 Agustus 2013 besok di Taman Mini Indonesia Indah. Selain itu, juga akan dilangsungkan penandatanganan nota kesepahaman antara Kepala LIPI dengan Menteri Pekerjaan Umum RI.

Rangkaian acara launching hasil riset LIPI dalam rangkaian HUT LIPI Ke-46 akan berlangsung di Graha Widya Bhakti DRN, Kawasan Puspiptek Serpong Tangerang Selatan Banten mulai pukul 06.00 WIB dengan diawali jalan pagi.

Note/Undangan:
- Siaran Pers ini sekaligus UNDANGAN bagi rekan media untuk menghadiri Soft Launching Smartphone Bandros, Mobil dan Bus Listrik di HUT LIPI ke-46 pada Senin, 26 Agustus 2013 pukul 09.00 WIB di Graha Widya Bhakti DRN, Kawasan Puspiptek Serpong Tangerang Selatan Banten.



Sivitas Terkait : Lukman Hakim

Diakses : 1911