Swiss Serius Bangun Kerjasama dengan LIPI

 
 
Jakarta, Humas LIPI. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) kembali menerima kunjungan delegasi Swiss terkait kerjasama di bidang penelitian. Kunjungan ini merupakan kali kedua setelah penjajakan yang pernah dilakukan Februari lalu. 

Dalam kunjungan ini, Duta Besar (Dubes) Swiss untuk Indonesia, H.E. Yvonne Baumann didampingi Swiss State Secretary for education, Research and Innovation H.E. Mauro Dell”Ambrogio beserta berbagai perwakilan beberapa universitas di Swiss menyatakan keseriusannya dalam menjalin dan membangun kerjasama dengan LIPI. “Kita memiliki banyak bidang yang potensial, dan tentu kami berharap dapat terwujud dalam konteks kerjasama langsung,” ujar Yvonne dalam kunjungannya di Jakarta, Rabu (16/3). 

Selama lima tahun terakhir, memang belum ada nota kesepahaman antara kedua belah pihak. “Kami memiliki keinginan yang kuat untuk mengimplementasikan kerjasama dalam bentuk formal, mulai dari riset dasar hingga bidang mutakhir,” imbuh Mauro. 

Mauro mengungkapkan, sedapat mungkin kerjasama nantinya tidak hanya terbatas pada pengembangan penelitian, tetapi juga bagaimana mendukung karir peneliti.

Wakil Kepala LIPI, Akmadi Abbas didampingi Sekretaris Utama LIPI, Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI dan perwakilan satuan kerja menyambut baik kunjungan tersebut. “Indonesia dan Swiss memiliki tradisi kerjasama, khususnya di bidang pengelolaan hutan, keanekaragaman hayati, dan tata kelola global,” ujarnya.  

Menurutnya, kunjungan ini merupakan kesempatan yang bagus bagi kedua pihak untuk menjalin hubungan yang memberikan manfaat bagi masing-masing negara. “Kali ini ada tiga kategori yang didiskusikan lebih lanjut, yaitu pertanian dan perairan, teknis, serta bisnis dan ekonomi,” tutur Akmadi.

Sebagai informasi, kerja sama antara LIPI dan Swiss sebenarnya telah terbangun sebelumnya, namun baru sebatas tingkat satuan kerja. Satuan kerja yang pernah terlibat kerja sama adalah Pusat Penelitian Biologi LIPI yang bekerjasama dengan Swiss National Science Foundation dalam sebuah proyek, begitu juga dengan Pusat Penelitian Limnologi.

Pertemuan kali ini diharapkan menghasilkan kerjasama antara LIPI dengan Swiss dalam kerangka yang lebih luas lagi. “Sekali lagi, LIPI sangat terbuka dalam kerjasama di berbagai bidang dan semoga ini segera terimplementasi,” tutup Akmadi. (msa/ed: pwd)

Sumber : Biro Kerja sama, Hukum dan Humas

Diakses : 2139