Tandatangani Kerjasama dengan CERN, LIPI Ikut dalam Riset Partikel Higgs

 
 
(Jakarta, 21 Oktober 2013 Humas LIPI). LIPI semakin memantapkan dirinya untuk masuk ke jajaran lembaga riset kelas dunia. Bertempat di Sasana Widya Sarwono, Kampus LIPI Gatot Subroto, Jakarta, Kepala LIPI Prof. Dr. Lukman Hakim dan Kepala Pusat Penelitian Informatika LIPI Dr. Laksana Tri Handoko menandatangani nota kesepahaman dengan CERN (Conseil Europ enne pour la Recherche Nucl aire European Organization for Nuclear Research) yang diwakili oleh pejabat senior CERN Prof. Emmanuel Tsesmelis dan Prof. Paolo Giubellino dari Kolaborasi ALICE (A Large Ion Collider Experiment) di CERN, pada Senin (21/10) lalu.

Kerjasama ini akan memperkuat aktivitas riset dasar yang dilakukan LIPI di skala global, ujar Lukman. Sebagai lembaga riset terbesar di dunia, CERN tidak perlu diragukan lagi kredibilitasnya. Bahkan hasil eksperimen di LHC (Large Hadron Collider) CERN mengukuhkan Peter Higgs dan Francois Englert sebagai penerima Nobel Fisika 2013 yang diumumkan pada 8 Oktober lalu atas prediksi keberadaan Partikel Higgs.

Peneliti di Pusat Penelitian Informatika LIPI dan Pusat Penelitian Fisika LIPI nantinya akan dilibatkan dalam analisis partikel Higgs yang merupakan teori untuk pencarian hasil tumbukan proton dan antiproton dalam fisika yang diharapkan dapat menguak pengetahuan baru mengenai awal alam semesta.

Analisis partikel Higgs sendiri menggunakan sistem komputer sedang dikerjakan melalui kerja sama berbagai negara. Di Indonesia, analisis akan dilakukan melalui fasilitas Grid LIPI. Grid LIPI adalah sarana komputasi berkinerja tinggi yang terbesar saat ini di Indonesia dan berlokasi di LIPI Cibinong dan LIPI Cisitu Bandung, terang Handoko. Fasilitas di Cibinong, lanjut Handoko, akan terkoneksi dan menjadi bagian dari grid global untuk melakukan analisa data hasil eksperimen.

Kerjasama ini bukan hanya berguna untuk pihak-pihak yang melakukan kerjasama, namun juga untuk pembangunan ilmu pengetahuan secara nasional, ujar Tsemelis. Menurutnya, kolaborasi antara LIPI dan CERN, nantinya tidak hanya bermanfaat untuk bidang fisika saja, namun juga untuk pengembangan teknologi yang terkait. (fz)
Sumber : Humas LIPI

Sivitas Terkait : Laksana Tri Handoko

Diakses : 1768