Tari Remo Jadi Pembuka PIRN Ke-X

 
 
JOMBANG - Penampilan Tari Remo menjadi pembuka di acara Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional (PIRN) ke-X di Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Penampilan tiga penari Remo ini memukau seluruh peserta dari segala penjuru tanah air. Suguhan Tari Remo yang ditampilkan oleh Sanggar Lung Ayu, Jombang ini membuat decak kagum segenap peserta PIRN. Bahkan beberapa peserta, sesekali mengabadikan momen tersebut.

Usia penampilan Tari Remo, peserta beberapa kali meneriakkan yel-yel PIRN dengan penuh semangat dan selanjutnya menyanyikan lagu Indonesia Raya. Pembukaan PIRN yang diselenggarakan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) ini dilakukan di Pendopo Kabupaten Jombang. Usai pembukaan, perkemahan akan dihelat di lokasi SMA Negeri 3 Jombang, Jalan Dokter Soetomo pada tanggal 3-9 Juli mendatang.

PIRN kali ini diikuti 538 peserta yang terdiri dari 391 Siswa dan 147 guru dari 33 Provinsi di Indonesia. Peserta terbagi menjadi 112 siswa SMP dan 279 siswa SMA dengan 3 kriteria, yakni 149 siswa IPA, 122 IPS, dan 120 IPT.

Wakil Ketua LIPI, Prof. Dr. Endang Sukara mengatakan, Kabupaten Jombang sangat layak untuk dipilih penyelenggaraan PIRN ke X ini. Sebab, selain disebut sebagai Kota Santri, Kabupaten Jombang juga dikenal dengan kota budaya juga kota yang egaliter.

"PIRN ini adalah untuk merangsang minat meneliti dan sangat efektif untuk membina remaja bagi ilmu pengetahuan. Terlebih lagi, saat ini adalah momentum mengisi liburan, " kata Endang dihadapan peserta PIRN, Senin (4/6/2011).

Di PIRN ini, peserta akan dibimbing dan dilatih dalam suasana yang santai oleh beberapa instruktur selama perkemahan. Di antaranya, cara mengumpulkan data dan menganalisis data. Sementara kondisi saat ini, Indonesia kaya akan sumber daya alam (SDA) dan kaya budaya. Sayangnya, keduanya belum sinergi untuk kepentingan bangsa.

"Ke depan, ada sinergi pemanfaatan SDA dengan ilmu pengetahuan yang mumpuni. Salah satunya adalah melalui beberapa penelitian, " tandasnya. (rhs)

Okezone.com
Senin, 04 Juli 2011

Sivitas Terkait : Endang Sukara

Diakses : 1136