UNM Siap Rebut Gelar Peneliti Remaja LIPI

 
 

Mahasiswa perguruan tinggi negeri dan swasta di Makassar kerap dikenal sebagai pelaku tawuran. Tetapi, tiga mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) ini ingin membuktikan, mereka pun bisa mencetak prestasi akademik.

Arfah Rahman dan Muhammad Nur (Sosiologi), dan A Merfianti (Fakultas Bahasa dan Sastra) bergabung dalam sebuah tim peneliti muda dan mewakili UNM dalam Pemilihan Peneliti Ilmiah Remaja (PPIR) ke-11 besutan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Penelitian ketiganya bahkan didapuk dewan juri sebagai salah satu finalis dalam PPIR 2012.

Setiap tahun, LIPI memang mencari bibit-bibit peneliti melalui kegiatan PPIR. Ada tiga kategori dalam PPIR yakni ilmu pengetahuan alam (IPA), ilmu pengetahuan sosial dan kemanusiaan (IPSK), dan ilmu teknik.

Untuk mengikuti kompetisi ini, satu tim peneliti harus mengirimkan karya tulis dan karya cipta yang belum pernah diikutsertakan dalam lomba sejenis lainnya. Peserta juga akan diminta mengirimkan alat peraga atau prototype hasil penelitian yang mereka lakukan untuk dinilai dewan juri.

Sebagai finalis, Arfah dan timnya akan mempresentasikan hasil penelitian mereka di hadapan dewan juri pada 25-26 September mendatang di Widya Graha LIPI, Jakarta. Ketiga juri yang akan menilai hasil karya para peneliti muda ini adalah Prof. Dr. Sjamsuddin Haris (LIPI), Dr. Trisna Fizzanty (LIPI) dan Drs. Andrinof Chaniago, M.Si. (Universitas Indonesia). Selain UNM, LIPI juga menetapkan finalis lainnya yakni tim dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), dan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga. (rfa)
Sumber : Okezone, 21 September 2012

Diakses : 1600