Ultah ke-61, Ani Yudhoyono Luncurkan 2 Buku Tanaman

 
 

Hari ini Ani Bambang Yudhoyono berulang tahun ke-61. Acara syukurannya kali ini ditandai dengan peluncuran dua buah buku kekayaan hayati di Indonesia. Beberapa foto di dalam buku tersebut adalah hasil karyanya.

Acara peluncuran bertajuk "Hayati Indonesiaku " berlangsung di Istana Kepresidenan, Cipanas, Jawa Barat, Sabtu (6/7/2013). Buku yang diluncurkan berjudul "3.500 Plant Species of The Botanic Gardens of Indonesia " dan "Koleksi Tanaman Herbalia Istana Cipanas " yang masing-masing berisi tentang koleksi tanaman kebun-kebun raya di Indonesia dan Taman Herbalia di Istana Cipanas.

"Buku setebal 1.216 halaman ini mendeskripsikan lebih dari 3.500 tumbuhan yang menjadi koleksi kebun raya yang ada di Indonesia yang berada di bawah LIPI, seperti di Bogor, Cibodas, Purwodadi, dan Eka Karya di Bali, " ujar Ketua Tim Penyusun, Daniek G. Sukarya.

Ide pembuatan buku didasari oleh kenyataan Indonesia tidak memiliki sumber informasi tumbuh-tumbuhan yang terpadu dan bisa diakses kapan saja. Padahal kekayaan hayati Indonesia merupakan yang terbesar di dunia setelah Brazil.

Di dalam acara yang dihadiri oleh suami, anak dan cucunya, Ny. Ani Yudhoyono menyatakan harapannya bahwa buku-buku tersebut menambah pengetahuan generasi muda Indonesia tentang kekayaan hayati bangsanya. Bertambahnya pengetahuan tersebut merupakan awal untuk menumbuhkan kecintaan dan menggerakkan langkah pelestarian tanaman dari kerusakan lingkungan.

"Kesadaran mencintai lingkungan harus kita bangun dan ajarkan pada anak cucu kita dengan memberikan dan menjadi contoh. Saya bangga di Indonesia makin banyak organisasi cinta lingkungan, " ujar Ibu Ani menambahkan.

"Di dalam buku ini saya ikut berikan menyumbangkan karya fotografi saya. Saya sejak kecil suka bunga dan tanaman, sampai saudari saya dulu suka menjuluki saya menteri pertanaman, " sambungnya disambung tawa hadirin.

Setelah sambutan, Ibu Ani memberikan buku 3.500 Plant Species of The Botanic Gardens of Indonesia kepada Mendikbud Mohammad Nuh dan Kepala LIPI Lukman Hakim. Lalu buku Koleksi Tanaman Herbalia Istana Cipanas kepada Ketua II SIKIB Ratna Djoko Suyanto dan Wakil Ketua Asosiasi Gabungan Pengusaha Jamu Indoneisa dan Obat Tradisional Putri K. Wardani.

Peluncuran buku ini setelah sebelumnya Presiden SBY memotong tumpeng syukuran ulang tahun istrinya. Sedangkan kue tart ulang tahun, bentuknya berupa kebun dengan Ny. Ani Yudhoyono berkebaya merah dengan kamera di atas tripod.

Menghadiri acara peluncuruan buku ini Wapres Boediono dan Ibu Herawati Boediono, Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menko Kesra Agung Laksono, Mensesneg Sudi Silalahi, Menlu Marty Natalegawa, Menhan Purnomo Yusgiantoro, Mensos Salim Segaf Al-Jufrie, Menparekraf Mari Elka, Menteri PAN Azwar Abubakar, Menteri PP dan Perlindungan Aanak Linda Amalia Gumelar, Menhut Zulkifli Hasan, Menteri Kelautan dan Perikanan Cicip Sutardjo, Mentan Suswono, Menteri PU Djoko Kirmanto, Menkominfo Tifatul Sembiring, Menkop dan UKM Syarief Hasan, Kapolri Timur Pradopo dan Kepala BIN Marciano Norman.
Sumber : detikNews, 06/07/2013

Diakses : 2108