Workshop Klaster Komputer 2013

 
 

Workshop Klaster Komputer (WKK) 2013 diselenggarakan atas kerjasama dan dukungan Biro Kerjasama dan Pemasyarakatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (BKPI) LIPI dan Pusat Penelitian Informatika (P2I) LIPI. Workshop ini merupakan salah satu wujud nyata kontribusi LIPI untuk meningkatkan kemampuan penelitian ilmiah mahasiswa Indonesia, khususnya yang terkait / memanfaatkan komputasi berkinerja tinggi berbasis klaster komputer.

Workshop ini ditujukan untuk mahasiswa dari berbagai bidang keilmuan di perguruan tinggi seluruh Indonesia. Isi workshop disesuaikan untuk tahap pengenalan bagi pemula terkait sistem terdistribusi berbasis klaster komputer. Peserta tidak dikenakan biaya, dan akan mendapatkan sertifikat, makan siang, 2X makanan kecil dan minuman. Tetapi calon peserta wajib memiliki pengalaman sebagai pemakai sistem operasi Linux, meski hanya sebagai pemakai biasa. Mengingat keterbatasan tempat dan untuk efektifitas pelaksanaan, jumlah peserta dibatasi maksimal 25 orang.

Lokasi dan waktu :

    11-13 Desember 2013
    Pk. 09:00 - 16:00 WIB

    Ruang Lab Komputer, Gd. 20 (lt. 3), P2 Informatika LIPI
    Kampus LIPI Cisitu
    Jl. Sangkuriang 21/154D
    Bandung 40135

Silabus workshop :

  • Pengenalan sistem terdistribusi berbasis klaster komputer memakai sistem operasi Linux CentOS.
  • Instalasi sistem operasi.
  • Instalasi lingkungan paralel dan manajemen pekerjaan terdistribusi.
  • Contoh implementasi dan pemakaian klaster.
Melalui workshop ini peserta diharapkan memahami proses instalasi, implementasi dan pengelolaan klaster komputer berskala kecil di lingkungannya.

Informasi lengkap serta registrasi dilakukan secara online melalui : http://situs.opi.lipi.go.id/wkk2013/



Sivitas Terkait : Darius Kabanga

Diakses : 2438