Sofyan Tsauri, 64 Tahun

 
 

Peneliti senior Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Dr Sofyan Tsauri dikukuhkan sebagai profesor riset di bidang kimia pada Kamis dua pekan lalu. Ketua LIPI periode 1995-2000 itu dianggap sudah memenuhi kriteria untuk menyandang gelar tersebut.

Profesor riset adalah gelar yang diberikan pemerintah kepada para peneliti utama yang sudah meraih golongan IV/E dan melampaui syarat minimal pendidikan S-2. Selain itu, yang bersangkutan sudah menulis setidaknya dua judul di jurnal ilmiah internasional yang terkreditasi.

Lahir di Gresik, Jawa Timur, 29 Desember 1942, Sofyan mengawali kariernya sebagai Sekretaris Lembaga Kimia Nasional LIPI pada 1975. Selain di LIPI, peraih Doktor Bidang MIPA-Kimia ITB itu juga pernah menjadi Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pertahanan RI (2001-2005).

Dalam pidato pengukuhan, Sofyan membeberkan topik bertajuk Ilmu Kimia, Etika Keilmuan dan Penelitian: Sumbangan bagi Indonesia yang sedang Membangun. Peneliti boleh salah, tapi tak boleh bohong, itulah kredo yang dipegang peraih Satya Lencana Karya Sapta (1995) ini.

Sumber : Tempo (17/XXXV/19 - 25 Juni 2006)

Diakses : 633