Standar dan Kualitas Produk Jadi Kunci Keberhasilan Perdagangan Global

 
 
Serpong, Humas LIPI. Kerjasama ekonomi regional yang telah disepakati Indonesia seperti ASEAN Free Trade Area, Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement, dan ASEAN-Australia-New Zealand menuntut adanya peningkatan kualitas mutu produk agar produk Indonesia tetap mampu bersaing di kancah perdagangan global. “Pemerintah telah mengeluarkan UU nomor 20 Tahun 2014 tentang Standarisasi dan Penilaian Kesesuaian untuk meningkatkan daya saing Indonesia,” ujar Pelaksana Tugas Sekretaris Utama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Nur Tri Aries dalam Annual Meeting on Testing and Quality (AMTeQ) di Serpong, Banten pada Rabu (3/10).

Menurut Nur, peran lembaga-lembaga penilaian kesesuaian sebagai infrastutur mutu sangat vital dalam memastikan barang, jasa, proses, atau personal telah memenuhi persyaratan acuan. “Perlu kesadaran antarinstitusi untuk meningkatkan kerjasama serta penggalian ide-ide riset dan alih pengetahuan,” sambungnya.

Sekretaris Utama Badan Standarisasi Nasional (BSN), Pudji Winarni, mengungkapkan aspek standar produk masih dianggap sebagai penghalang ekonomi nasional untuk maju bersaing. “Perlu kerjasama yang terus menerus dibangun antar  regulator, lembaga akreditasi , industri, dan kalangan akademis,” jelasnya.

Kepala Pusat Penelitian Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian LIPI, Agus Fanar Syukri mengungkapkan kegiatan AMTeQ akan menunjang kegiatan pengembangan dalam bidang sistem mutu dan teknologi pengujian sehingga terwujud budaya mutu. “Kegiatan ini akan mempertemukan akademisi, praktisi, pelaku industri, pengambil keputusan agar bisa saling bertukar informasi dan bernegosiasi,” jelasnya.

Selain seminar ilmiah, AMTeQ yang pada tahun ini merupakan perhelatan ke-13 juga memperkenalkan pentingnya standar dan kualitas produk pada generasi muda melalui kegiatan AMTeQ Young Inventor Competition (AYIC) yang melibatkan SMA/SMK atau sederajat di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Para peserta berkompetisi mendesain alat uji dan metode pengujian dengan uji kekuatan mekanik regulator tekanan rendah untuk tabung LPG, uji jatuh kuat mekanis, serta endurance test saklar. Hasil inovasi dipresentasikan dalam bentuk prototype produk di pameran AMTeQ.

 Selain itu juga diselenggarakan pameran yang diikuti oleh beberapa satuan kerja di bawah Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan AMTeQ meliputi beberapa kalangan diantaranya adalah pemerintah sebagai pembuat kebijakan, industri sebagai penyedia barang dan jasa, peneliti, pakar, laboratorium pengujian, mahasiswa, siswa/i SMA/SMK sederajat serta konsumen sebagai pengguna produk. (fin/ed: fza)
Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Agus Fanar Syukri Ph.D.
Diakses : 370