Wakil Kepala LIPI: Pejabat Struktural Harus Ciptakan Layanan Inovatif

 
 
Kabupaten Bogor, Humas LIPI. Pejabat struktural memiliki peran penting dalam sebuah roda organisasi, seperti di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Dari peran ini, pejabat struktural tersebut harus mampu menciptakan layanan yang inovatif serta mendukung keberadaan Reformasi Birokrasi.
 
“Setiap pejabat perlu memiliki kompetensi kepemimpinan yang mumpuni. Khusus bagi Eselon IV, mereka harus berkompetensi secara operasional, memiliki kemampuan dalam menciptakan layanan inovatif dan memperkuat jejaring organisasi,” ungkap Wakil Kepala LIPI, Bambang Subiyanto dalam penutupan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Kepemimpinan Tingkat IV Gelombang III LIPI di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Senin (17/7).
 
Menurut Bambang, kompetensi lain yang perlu dimiliki adalah kemampuan dalam membuat perencanaan pelaksanaan kegiatan-kegiatan instansi, kemampuan mempengaruhi, serta memobilisasi bawahan dan stakeholder strategisnya dalam melaksanakan kegiatan yang telah direncanakan.
 
Kompetensi-kompetensi tersebut, Bambang mengharapkan mampu didapat dari Diklat Kepemimpinan yang diselenggarakan pada kesempatan ini. Kemudian, dirinya berpesan bahwa setiap ilmu yang didapat dari Diklat Kepemimpian ini diharapkan langsung diterapkan di satuan kerja masing-masing. Hal ini guna meningkatkan pelayanan yang lebih baik dan perubahan yang nyata bagi peningkatan kinerja.
 
Dilanjutkan Bambang, inti dari pelaksanaan Diklat tersebut adalah kemampuan peserta dalam menggali potensi dirinya, untuk mencari solusi suatu permasalahan di lingkungan kerjanya. “Salah satunya dengan cara mengembangkan tim yang efektif dan dibekali juga dengan teknik komunikasi yang strategis bagi stakeholder untuk mewujudkan suatu proyek perubahan,” imbuhnya.
 
Diklat kepemimpinan kali ini diselenggarakan dengan pola baru dan dibagi menjadi lima tahapan, sehingga waktu pelaksanaannya menjadi cukup panjang, yaitu sekitar lima bulan. Adapun tahapan tersebut, yaitu diagnosa kebutuhan perubahan organisasi, membangun komitmen bersama, merancang perubahan dan membangun tim, laboratorium kepemimpinan, serta evaluasi kepemimpinan. (Pusbindiklat Peneliti,msa/ed: pwd)

Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Prof.Dr.Ir. Bambang Subiyanto M.Agr.