Logo Korporat LIPI

Logo LIPI terdiri dari logograph dan logotype “LIPI” sebagai satu kesatuan yang tidak terpisahkan dari bentuk lingkaran yang terdiri dari dua bagian yang disatukan yaitu “pohon” dan “wadah” berwarna biru tua. Desain berupa lingkaran mencerminkan suatu siklus atau dinamika suatu kegiatan. Sedangkan bentuk stilasi dari manusia menggambarkan pemrakarsa ilmu pengetahuan.

Makna Logo LIPI

Falsafah dari dua bentuk, yakni pohon dan wadah yang disatukan adalah sebagai berikut:

  1. Pohon, dalam seni tradisional Indonesia merupakan lambang kehidupan (gunungan), yang merupakan bentuk manifestasi kegiatan manusia.
  2. Wadah atau bokor merupakan pusat segala kegiatan LIPI

logo_korporat

Warna biru dikenal sebagai warna yang memiliki sifat atau kesan ilusi tenang. Jadi pengertian yang dikandung ialah ketenangan berpikir merupakan landasan di dalam pengabdian kepada ilmu pengetahuan.

Warna biru merupakan warna yang umum digunakan untuk sebuah korporat. Warna biru untuk LIPI bermakna tingkat intelejensi yang tinggi serta semangat yang dimiliki oleh para peneliti.

Biru juga bermakna tekat yang kuat untuk mencapai sebuah cita-cita, yaitu lembaga IPTEK berkelas dunia. Biru adalah warna loyalitas, dalam hal ini loyalitas terhadap pengembangan ilmu pengetahuan. Biru tua merupakan representasi pengetahuan (knowledge).