50 Lokasi di Bangka Jadi Sasaran Diseminasi LIPI

 
 
BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kegiatan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di daerah ini, bukan tanpa dasar. Satu dari legalitas mereka adalah, kesepakatan (MoU) LIPI dengan Pemkab Bangka.

"Bahwa LIPI dengan Kabupaten Bangka sudah ada MoU tentang pemanfaan IPTEK (ilmu pengetahuan dan teknologi). Sehingga, kalau ada yang bisa dibantu, silahkan sampaikan ke LIPI," kata Pimpinan Tim LIPI, Joko Ridho Witono di acara Diseminasi bersama Anggota Komisi VII DPR RI, Eko Wijaya di Desa Bukitlayang Kecamatan Bakam Bangka, Rabu (13/9/2017).

Joko menjelaskan, visi misi LIPi secara umum antara lain, bergerak di bidang tanaman atau tumbuhan. Sesuai logo LIPI, tanaman menjadi bagian riset mereka. "Logonya (LIPI) warna biru. Gambar atas logo, pohon, yang identik dengan kehidupan. LIPI adalah lembaga penelitian terbesar di Indonesia," kata Joko, di hadapan para undangan.

Sementara itu katanya, diseminasi yang dilakukan LIPI, tak hanya di Desa Bukitlayang saja. Beberapa tempat juga menjadi sasaran riset atau enelitian mereka. "Diseminasi Iptek kami laksanakan di 50 lokasi di Bangka. Bukitlayang merupakan lokasi ke 26," katanya.

Terkait acara Diseminasi yang digencarkan LIPI bersama Anggota Komisi VII DPR RI, Eko Wijaya di Desa Buktilayang, Joko menjelaskan masuk dan tujuannya.. "Diseminasi artinya. adalah sosialisasi. Kami punya pengetahuan dan teknologi yang kami bagikan.

Itu filosofi diseminasi. Pada kesempatan ini ada materi yang kami sampaikan ke masyarakat, yaitu soal budidaya mangga arumanis, kelapa hibdrida dan lada," katanya.

Selain memaparkan soal budidaya seputar tiga jenis tanaman tadi, LIPI juga akan mengajari petani membuat pupuk organik. Pupuk yang dimaksud berupa kompos, berbahan mikroba.

"Materi lainnya adalah pembuatan pupuk organik. Kita ajari masyarakat soal cara mengolah sampah. Kita buat kompos. dan kita aplikasikan. Kita juga ajarkan warga cara pembuatan pupuk organik hayati, pupuk cair," katanya.

 

Sumber : bangka.tribunnews.com, 13 September 2017

Sivitas Terkait : Dr. Joko Ridho Witono M.Si.
Diakses : 72    Dibagikan :