Hoax Isu Mistis Bumbui Kemunculan Anak Sapi Mirip Manusia

 
 
Gorontalo - Warga Gorontalo dihebohkan adanya kelahiran seekor sapi yang disebut-sebut mirip manusia. Isu mistis sempat muncul di balik kelahiran sapi ini walaupun hal tersebut sama sekali tidak benar.

Kabar lahirnya sapi yang disebut-sebut mirip manusia ini ramai dibahas di media sosial (medsos) sejak Jumat (23/3). Foto-foto sapi ini banyak dibagikan netizen dan menjadi viral.

Karena bentuk anak sapi yang aneh itu, berbagai isu pun merebak. Ada yang menyebut anak sapi ini dibunuh warga karena dinilai bisa membawa sial bagi orang sekampung. Ada yang menyebut penganiayaan sempat dicegah warga lainnya, tapi anak sapi ini keburu mati.
  Peristiwa ini ternyata terjadi di Desa Imana, Kecamatan Atinggola, Gorontalo Utara, Gorontalo. Warga bernama Septiana mengatakan anak sapi itu dilahirkan induknya pada malam hari. Ia juga membantah kelahiran anak sapi tersebut dikaitkan isu mistis.

"Nggak mungkin itu sapi jadi-jadian. Mana ada percaya yang begituan," ujarnya, Sabtu (24/3/2018).

Nah, menurut penjelasan ilmiah, ketidaksempurnaan bentuk anak sapi itu bisa disebabkan dua faktor. Faktor internal di antaranya meliputi kelainan genetis dan kromosom. Sementara itu, faktor eksternal dapat disebabkan adanya kontaminasi dan polusi lingkungan.

"Jangan dikaitkan dengan kutukan, mistik, atau apa gitulah," kata Peneliti mamalia LIPI Gono Semiadi.

"Saya menyebutnya lebih kepada faktor biologis internal atau eksternal," sambungnya.

Kini anak bayi sapi itu pun mati begitu dilahirkan dan langsung dikubur. Dan segala sesuatu yang dikaitkan dengan isu mistis dipastikan hoax alias kabar burung belaka. 
Sumber : Detik.com, 25 Maret 2018

Sivitas Terkait : Prof. Dr. Gono Semiadi
Diakses : 110    Dibagikan :