LIPI Ciptakan Kartu Ucapan Tahun Baru 2018 Sekecil Virus Polio

 
 

Pusat Penelitian (Puslit) Fisika Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menciptakan kartu ucapan tahun Baru 2018 yang memiliki ukuran hanya 25 mikrometer atau sekecil virus polio.

Dalam keterangan resminya, Minggu (31/12), tim peneliti mengatakan penelitian yang dilakukan di Laboratorium Focused Ion Beam (FIB) ini menandai kemajuan IPTEK yang dicapai oleh peneliti Indonesia.

"Kami bertekad untuk terus berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Ini adalah salah satu itikad kami para peneliti untuk memperkenalkan teknologi terbaru yang Indonesia miliki kepada masyarakat luas", ujar Peneliti dan pakar karakterisasi nano material Puslit Fisika LIPI. Dr. Eni Sugiarti.

Tim menjelaskan pembuatannya menggunakan metode proses ukiran (engraving) di atas material wafer silikon dengan memanfaatkan energi yang dihasilkan dari tembakan ion galium yang difokuskan.

Sementara itu, alat yang digunakan yaitu Dual- Beam FIB. Saat ini, teknologi Dual-Beam FIB yang dimiliki Puslit Fisika LIPI menjadi satu-satunya yang ada di Indonesia.

Kepala Puslit Fisika LIPI, Dr. Rike Yudianti mengungkapkan, fasilitas Dual-Beam FIB ini terbuka untuk masyarakat luas.

"Semua kalangan boleh memanfaatkannya. Kita bisa riset bersama nanti. Boleh dari kalangan mahasiswa, dosen, peneliti swasta, industri, bahkan kalangan pelajar ingin, semua bisa manfaatkan. Silahkan berkunjung dan kontak kami. Tidak hanya FIB, alat lain yang kami punya seperti TEM,SEM, XRD, BET, FTIR, yang lain-lain juga bisa," jelasnya.

Rike juga menambahkan, dengan adanya teknologi tersebut diharapkan penelitian di Indonesia terus meningkat dan tidak kalah dengan teknologi yang telah ada di negara-negara lainnya.

Sebagai informasi, beberapa waktu lalu National Physical Laboratory (NPL) di Inggris merilis kartu natal terkecil di dunia. Kartu tersebut berukuran 15x20 mikron, lebih kecil dari pada ukuran rambut manusia seukuran 50-80 mikron (1 mikro = 1/1.000.000m).


Sumber : tekno.akurat.co, 31 Desember 2017

Sivitas Terkait : Dr. Rike Yudianti
Diakses : 98    Dibagikan :