LIPI Dorong Peneliti Termasuk UMKM

 
 

Kekayaan Intelektual di Indonesia masih tergolong rendah, padahal Indonesia adalah negara besar. Bahkan dibandingkan dengan China yang populasi penduduknya tertinggi di dunia, maka Indonesia juga termasuk negara dengan jumlah penduduk ke-4 di dunia, namun jumlah penduduk yang besar tersebut nyatanya tak sebanding dengan Kekayaan Intelektual (KI) Indonesia yang masih jauh sekali dan kecil.

Oleh karenanya hal ini pun menimbulkan anggapan internasional bahwa indeks Kekayaan Intelektual (KI) Indonesia kecil bahkan teknologi-teknologi yang ada di Indonesia juga dianggap menjiplak. Sehingga Indonesia juga terancam di blacklist sebagai negara yang telah membiarkan dan tidak melakukan inovasi.

 

Demikian hal ini disampaikan oleh Ketua Inovasi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Prof.Dr.Nurul Taufiqu Rahman,M.Eng.Ph.D

Oleh karena itu kata dia dalam 2 tahun terakhir ini, melalui berbagai program-program pemerintah terhadap perolehan hak paten cukup signifiqan. Bahkan LIPI pun dalam kurun waktu 3 tahun terakhir ini juga ikut meningkat hingga 4 – 5 kali lipat terhadap perolehan hak paten. Ini mungkin saja karena sekarang kesadaran terhadap pentingnya hak kekayaan intelektual, sehingga membuat permintaan untuk perolehan hak paten jadi lebih giat dibandingkan waktu-waktu sebelumnya yang mungkin saja masih tidak memahami bahkan mengganggap tidak penting.


Sumber : babelpos.co. 5 Desember 2017

Sivitas Terkait : Dr. Nurul Taufiqu Rochman M.Eng.
Diakses : 298    Dibagikan :