Optimalkan Sumber Daya Hayati, LIPI Gelar Simposium Internasional

 
 

Kedeputian Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), bekerjasama dengan Heriot Watt University Inggris dan Feng Chia University Taiwan menggelar simposium internasional, bertajuk The Internasional Symposium of Bioeconomics on Natural Resources Utilization (Isbinaru) 2017. 

Simposium ini membahas pengembangan pengelolaan sumber daya hayati melalui pendekatan bioekonomi. Mengusung tema Sustainable Economics in Bioresouces, simposium ini juga digelar sebagai rangkaian peringatan 50 tahun kiprah LIPI, dan dua abad Kebun Raya Bogor.  

"Ini merupakan wadah bagi peneliti antar disiplin ilmu, untuk bertemu langsung guna memperluas pengetahuan dan melahirkan ide-ide baru di bidang sumberdaya hayati," ujar Pelaksana Tugas Kepala LIPI, Bambang Subiyanto, Kamis (12/10) di Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor, Jawa Barat. Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI, Enny Sudarmonowati mengatakan, ada empat bahasan yang menjadi fokus utama dalam simposium ini. Yaitu, pangan, kesehatan, energi, dan lingkungan. "Pangan berkaitan dengan pengelolaan, keamanan, dan keselamatan pangan nasional. Kesehatan membahas produk inovatif, juga pemanfaatan jamu. Energi tentunya yang berbasis sumberdaya hayati, dan lingkungan berkaitan dengan air, konservasi, dan pengelolaan," jelas Enny. 

Isbinaru 2017 menghadirkan sejumlah pembicara penting, antara lain Leuserina Garniati dari Herriot Watt University, Shu-Yii Wu, dan Chen-Yeon Chu dari Fheng Chia University, Bambang Prasetya, Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), dan Didik Prasetyo, Presiden Direktur PT. RNI.


Sumber : gatra.com. 12 Oktober 2017

Sivitas Terkait : Prof. Dr. Enny Sudarmonowati
Diakses : 188    Dibagikan :