PPLD-LIPI Sebarkan Hasil Penelitian Melalui Beragam Kegiatan

 
 
Ambon, 14/2 (Antara Maluku) - Pusat Penelitian Laut Dalam Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia yang bertempat di Ambon, Maluku, menyebarluaskan informasi hasil penelitiannya melalui beragam kegiatan yang digelar sepanjang 2016.

"Dalam rangka menyebarluaskan informasi hasil penelitian yang telah dilakukan oleh para peneliti, kami berpastisipasi dan menggelar bermacam-macam kegiatan selama 2016," kata Daniel Pelasula, kepala Bidang Pengelolaan dan Diseminasi Hasil Penelitian PPLD-LIPI di Ambon, Selasa.

Ia menjelaskan sepanjang 2016, PPLD-LIPI menggelar sejumlah kegiatan sosialisasi dan lokakarya terkait diseminasi hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan oleh para perisetnya, baik yang dikerjakan pada 2016 maupun tahun-tahun sebelumnya, juga berpartisipasi dalam kegiatan expo dan pameran.

Sosialisasi yang pertama digelar adalah tentang Lingkungan Laut dan Sampah, yang kemudian dilanjutkan dengan penyerahan sumbangan koleksi perpustakaan PPLD-LIPI kepada SD Negeri 2 Poka pada 12 Februari.

Kegiatan tersebut kemudian dilanjutkan dengan Sosialisasi Hasil Riset di Nusalaut, Kabupaten Maluku Tengah pada 9-15 Maret, Sosialisasi Penelitian dan Pembimbingan kepada mahasiswa KKN Profesi Universitas Pattimura, dan Sosialisasi Perlindungan Kawasan Pesisir Berbasis Masyarakat di Desa Buano Utara, Kabupaten Seram Bagian Barat pada 20 April.

Untuk kegiatan lokakarya, PPLD-LIPI melaksanakan Lokakarya Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau - Pulau Kecil dengan merujuk pada studi kasus di Pulau Ambon, pada 28-29 April.

"Untuk expo atau pameran, kami ikut serta berpartisipasi dalam Expo GPM 2016 di Ambon pada 23-30 Januari, dan Pameran Ritech di Solo, 10-13 Agustus," ujarnya.

Tak hanya itu, Daniel menambahkan, sebagai bentuk dukungan terhadap pendidikan, khususnya mengenai perikanan dan kemaritiman PPLD-LIPI juga menyumbangkan sedikitnya 48 koleksi biota laut dan replika ikan hiu kepada Museum Siwalima Ambon.

Selain itu, lembaga sains tersebut juga membuat informasi mengenai hutan mangrove yang terdapat di wilayah Maluku, dalam bentuk brosur yang bisa didapatkan secara gratis di kantor institusi itu. 

"PPLD juga terlibat dalam Ekspedisi Widya Nusantara (EWIN) 2016 di perairan Sumba, itu adalah ekspedisi nasional yang dilaksanakan pada Agustus," katanya.

Sumber : antaramaluku.com. 15 Februari 2017

Sivitas Terkait : Daniel Deonisius Pelasula M.Si.
Diakses : 134    Dibagikan :