Pemkab OKU Timur Kembangkan Pupuk Organik Hayati Bekerjasama dengan LIPI

 
 
SRIPOKU.COM, MARTAPURA - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten OKU Timur menggelar kegiatan sosialisasi dan pelatihan pembuatan pupuk Pupuk Organik Hayati (POH) di desa Sidodadi Belitang.

Hadir Dalam kegiatan tersebut Dr Yuliana Susilowati,  Ir Yugo Kumoro, serta sejumlah ahli dari Geotekhnologi LIPI pusat.

Selain itu hadir juga perwakilan Bappeda Kabupaten OKU Selatan. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari yakni 12-13 Juli 2018.

Menurut Kepala Bappeda OKU Timur Ir H Tubagus Sunarseno, M.Si melalui Kabid Litbang Ir Jasumbai Tamsil Rusmania, kegiatan tersebut dalam rangka menindaklanjuti sinkronisasi dan kerjasama antara pemerintah OKU Timur dengan LIPI yang sudah berjalan.

Dalam pelatihan itu juga dilakukan pengkajian dalam pengembangan sejumlah produk unggulan yang ada di Kabupaten OKU Timur.

Pelatihan tersebut juga dikemas dalam program Diseminasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi LIPI, Pemanfaatan dan Penerapan IPTEK untuk Masyarakat di OKU Timur dengan harapan dapat mendukung program Pemerintah OKU Timur yang masih gencar dalam meningkatkan beras organik.

"Tentunya harus didukung dengan pupuk organik yang bagus agar kualitas tanaman padi organik lebih baik" ucapnya.

Sementara Entis Sutisna SP dari Puslit Biologi LIPI mengatakan POH merupakan solusi untuk membentuk tanah kembali subur, sehat, dan berkualitas sehingga menghasilkan produksi pangan sehat dan meningkat antara 25-30 persen, serta mengurangi ketergantungan pupuk kimia hingga 50 persen.

"Keunggulannya POH itu seperti suplemen vitamin. POH membuat tanah sehat dan tanaman lebih tahan terhadap stres lingkungan atau pencemaran, harapannya produksi akan optimal jadi ini istilahnya Bio Stimulan," katanya. (hen).

 

Sumber : palembang.tribunnews.com, 12 Juli 2018

Sivitas Terkait : Dr. Ir. Yuliana Susilowati M.Si.
Diakses : 846    Dibagikan :