Eksplorasi Hortikultura Malang

 
 
Wakil Kepala LIPI Bambang Subiyanto mengatakan, melalu kerjasama ini, semakin mendekatkan hasil-hasil penelitian ke berbagai daerah di Indonesia. Salah satunya dengan menjalin kerjasama dengan Pemkab Malang. "Tugas kami adalah berkoordinasi dengan pemerntah daerah, kali ini dengan Pemkab Malang. Kami mengucapkan terima kasih kepada bapak bupati yang telah memfasilitas kerjasama ini," ujarnya.

Dia menelaskan LIPI memiliki beragam hasil-hasil penelitian dalam berbagai bidang. Mulai dari bidang jasa, ilmiah, kebumian, hayati, teknik hingga sosial. Beragam hasil penelitian ini pun terus dipacu agar terdayagunakan bagi para stakeholders. Selain  itu, setiap hasil penelitian juga didorong agar terdaftar ke dalam Kekayaan Intelektual, salah satunya paten. “Dengan paten, maka langkah agar terimplementasikan ke dalam industri bisa lebih mudah lewat komersialisasi,” ungkapnya.

Di sisi lain, Bambang menyinggung soal kerjasama dengan Pemkab Malang, kerjasama tersebut diharapkan memberikan transfer teknologi dan pengetahuan dari LIPI ke pihak stakeholder di daerah ini. Sehingga hasil-hasil penelitian LIPI bisa dirasakan manfaatnya secara nyata. “LIPI dan Pemkab Malang pun diharapkan bisa saling mengambil manfaat dari implementasi kerjasama ini," tuturnya.

Sementara itu, Bupati Malang, Dr H Rendra Kresna menyambut baik kerjasama ini. "Kabupaten Malang memilik wilayah sangat luas dan terdapat beragam potensi. Sehingga sangat memungkinkan bagi LIPI untu melakukan kajian maupun penelitian," ucapnya di tempat yang sama. Dia menyebut, LIPI bisa melakukan penelitian dan pengkajian terkait bidang pertanian, perkebunan, perikanan serta peternakan. "Banyak yang bisa dilakukan pengkajian serta penelitian. Seperti aneka hortikultura yang tumbuh subur d Kabupaten Malang," terangnya. Dia berharap, kerjasama tersebut dapat memberian manfaat dan mengembangkan Kabupaten Malang.(big/lim)

Sumber : malangpost.net. 15 Maret 2017

Sivitas Terkait : Prof.Dr.Ir. Bambang Subiyanto M.Agr.
Diakses : 77    Dibagikan :