Etika dan Budaya Bangsa Harus Dipegang Teguh dalam Berinovasi

 
 
(Bandung, 9 Agustus 2012 Humas LIPI) Sudah saatnya seluruh elemen bangsa dengan amat serius memperhatikan etika dan budaya bangsa dalam setiap proses pengambilan keputusan-keputusan strategis. Jangan hanya atas pertimbangan kemajuan iptek atau pertimbangan politik saja, ujar Wakil kepala LIPI Prof. Dr. Endang Sukara dalam sambutannya mewakili Menteri Negara Riset dan Teknologi RI dalam Talkshow Inovasi Berbasis Nilai Etika dan Budaya Bangsa: Menuju Generasi Indonesia yang Lebih Berbudaya yang diselenggarakan pada Kamis (9/8) di Sasana Budaya Ganesha, Bandung.

Menurut Endang, jika hanya menggunakan pertimbangan politik atau iptek tanpa memegang teguh pada etika dan budaya bangsa justru akan saling mereduksi satu sama lain. Bukan soal benar atau salah, budaya dan etika bangsa adalah soal penentuan pilihan, ujarnya.

Hadir sebagai pembicara tersebut adalah Guru Besar Universitas Negeri Jakarta dan Duta UNESCO Prof. Dr. Arief Rahman, pakar teknologi media digital ITB Dr.Ir. Agung Harsoyo, dan Guru Besar UGM serta Kepala LIPI periode 2002-2010 Prof.Dr.Umar Anggara Jenie, Apt.

Menurut Arief, inovasi harus berbasis pada etika. Inovasi jika tidak ditopang dengan pendidikan etika hanya membentuk otak tanpa watak. Cerdas tapi tidak berwibawa, . Sedangkan menurut Umar, etika diperlukan agar tidak terjadi misconduct dalam kegiatan iptek. Indonesia sendiri memiliki keragaman etika. Tonggaknya adalah adanya toleransi, ujar Umar.

LIPI sebagai institusi ilmu pengetahuan terbesar dan tertua di Indonesia memiliki Komisi Etika Peneliti (KEP). KEP adalah organisasi independen non-struktural yang dibentuk dan ditetapkan oleh Kepala LIPI serta berkedudukan di LIPI Pusat. Bentuk organisasi KEP LIPI adalah kolektif kolegial dimana seluruh anggota memiliki kedudukan sejajar dengan satu ketua yang dipilih oleh anggota. Melalui kewenangan melaksanakan penegakan kode etika peneliti sesuai fungsi-fungsi organisasi, KEP LIPI memiliki misi untuk memajukan ilmu pengetahuan, meningkatkan mutu penelitian dan memelihara martabat peneliti.
Sumber : Humas BKPI LIPI

Sivitas Terkait : Endang Sukara

Diakses : 1448    Dibagikan : 0