Indonesia Miliki 1.606 Jenis Burung

 
 

JAKARTA, NNC - Peneliti Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Dewi M. Prawiradilaga mengungkapkan, penemuan jenis baru burung di Indonesia sangat sulit, karena hampir seluruh burung di Indonesia sudah diketahui dalam dunia ilmu pengetahuan.

“Indonesia memiliki sekitar 1.606 jenis burung dan 376 diantaranya jenis endemik. Bahkan 99 persen dari taksa burung yang hidup di Indonesia dipertelakan dan dinamai oleh orang asing. Padahal burung adalah satwa yang paling dikenal dan akrab dengan kehidupan masyarakat Indonesia,” terangnya.
 
Dikatakannya, peluang penemuan jenis burung baru masih ada jika melakukan kajian jenis-jenis yang tersembunyi (cryptic species). “Salah satu upaya menemukan jenis burung baru adalah menjelajahi tempat yang belum atau jarang dikunjungi peneliti atau pengamat burung mancanegara,” katanya.
 
Kemudian untuk penemuan Myzomela irianawidodoae, Dewi menyebutkan bahwa sungguh sangat lama proses penemuan jenis baru ini. Dimulai dari pernyataan Forbes pada tahun 1879 bahwa masih banyak jenis Myzomela spp. di wilayah Wallacea yang belum ditemukan.
 
Pada tahun 1996, Johnstone dan Jepson melaporkan dugaan jenis baru Myzomela dari Pulau Rote pada daftar jenis burung. Kemudian pada tahun 2009, seorang aktivis lingkungan Philip Verbelen melaporkan pengamatannya di Pulau Rote pada jenis burung yang sama, serta berhasil mengambil foto dan rekaman suaranya.
 
Sampai akhirnya pada tahun 2017, tim peneliti Pusat Penelitian Biologi
LIPI dan tim peneliti Nasional University of Singapore, Singapura mempublikasikan jenis baru Myzomela irianawidodoae dari Pulau Rote dalam jurnal ilmiah Treubia Volume 44, edisi Desember 2017, halaman 77 – 100.


Sumber : netralnews.com, 15 Januari 2018

Sivitas Terkait : Dr. Dewi Malia Prawiradilaga M.Sc.
Diakses : 812    Dibagikan :