Ini Cara Kerja LIPI WISELAND, Teknologi yang Efektif Deteksi Dini Longsor

 
 

JAKARTA, NNC - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengembangkan teknologi bernama LIPI  Wireless Sensor Network for Landslide Monitoring (WISELAND). LIPI WISELAND merupakan hasil penelitian dari tim peneliti LIPI yang dipimpin oleh  Adrin Tohari, peneliti dari Pusat Penelitian (Puslit) Geoteknologi dan Peneliti Pusat Penelitian Fisika LIPI Suryadi.

Suryadi mengatakan, LIPI WISELAND sudah sejak 2009 dikembangkan sebagai sensor untuk monitoring pergerakan tanah. Teknologi ini dirangkai dari beberapa komponen, utamanya sensor nirkabel meliputi ekstensometer, tiltmeter, modul sensor dan rain gauge. Didukung pula dengan gateway dengan alarm serta eb monitoring.

"Ekstensometer ini berguna ketika terjadi gerakan longsor. Ada kawat di bagian itu yang akan tertarik jika ada rekahan tanah dan kecepatan rekahan nya juga bisa diukur," kata Suryadi saat Media Briefing Hasil Penelitian tentang Teknologi Pencegah Tanah Longsor di Media Center LIPI, Selasa (13/2/2018).

Ia menjelaskan, tiltmeter sebagai tiang pancang akan bermanfaat mengetahui adanya perubahan kemiringan tanah. Sehingga dengan tilt meter dapat diketahui seberapa miring tanah yang bergeser.

Sedangkan bagian modul sensor bermanfaat digunakan untuk mengetahui kadar air tanah, naik dan turunnya tinggi tanah serta sensor curah hujan. Untuk gateway dengan alarm, digunakan sebagai konsetrator data. Dalam alat tersebut, seluruh data dikumpulkan dan dikirim ke server melalui internet dan monitoring.

"Pengembangan teknologi ini telah terjadi sejak tiga tahun lalu dan salah satu tantangan yang kerap dihadapi adalah alat-alat yang hilang yang dipasang di area yang dinilai rawan longsor. Teknologi ini ada yang stationary (dipasang di daerah rawan longsor) dan ada pula yang mobile (bisa dijinjing) untuk monitoring jangka pendek," ujarnyai.

Ditambahkan Suryadi, sistem monitoring ini telah diimplementasikan di lokasi rawan gerakan tanah di Desa Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jembatan Cisomang ruas tol Cipularang, Kabupaten Purwakarta dan Desa Clapar, Kabupaten Banjarnegara.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Lince Eppang

Sumber : netralnews.com, 13 Februari 2018

Sivitas Terkait : Dr. Adrin Tohari
Diakses : 800    Dibagikan :