Ini Dia Perempuan-perempuan Tangguh, Dalam Bidang Iptek di Indonesia

 
 

Trubus.id - Hari Kartini yang jatuh setiap tanggal 21 April merupakan momen penting untuk mengingatkan kembali peranan perempuan di negeri ini. Tak hanya di bidang-bidang umum, di bidang sains dan teknologi, perempuan juga punya peran penting.

Para perempuan tangguh ini bermunculan sebagai bentuk seorang ilmuan yang turut membantu dalam menggerakan roda perkembangan sains di nusantara. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menghadirkan beberapa diantaranya dalam kegiatan Diskusi Publik yang bertajuk 'Wanita Tangguh dalam Iptek Bangsa' Jumat, (20/4) di Kantor LIPI Pusat Jakarta.

Dari begitu banyak perempuan yang terlibat dalam bidang penelitian ini, perempuan-perempuan ini diwakili oleh herpetologist, peneliti laser, dan juga peneliti mineral processing.

“Khusus di bidang sains, LIPI berupaya mendorong wanita Indonesia untuk membangun sains dan mengajak mereka agar tidak takut menggeluti bidang yang kurang feminim,” kata Dr. Tri Nuke Pudjiastuti, Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan (IPSK) LIPI, Jumat (20/4).

Lebih lanjut Nuke menyebutkan, jumlah perempuan yang mau menggeluti bidang ini kini sudah cukup banyak. Tak hanya itu, mereka juga memiliki perang yang sangat berpengaruh dalam berbagai penelitian.

Berdasarkan data Sistem Informasi Pegawai (SIMPEG) LIPI, jumlah peneliti wanita yang terlibat di bidang ini kini sudah mencapai 723 perempuan. Jumlah ini tersebar di 50 satuan kerja LIPI di seluruh Indonesia.

“Dari ratusan peneliti wanita ini, LIPI memiliki sederet kisah inspiratif dari peran mereka, yang diharapkan bisa memotivasi wanita Indonesia lainnya,” paparnya.

Sejumlah peneliti wanita yang akan membagi kisah inspiratifnya yakni Hellen Kurniati (Peneliti Herpetologist Pusat Penelitian Biologi LIPI), Maria Margaretha Suliyanti (Peneliti Laser Pusat Penelitian Fisika LIPI), dan Mutia Dewi Yuniati (Peneliti Mineral Processing Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI). [RN]


Sumber : news.trubus.id, 20 April 2018

Sivitas Terkait : Dr. Tri Nuke Pudjiastuti M.A.
Diakses : 33    Dibagikan :