Kalau Anda Pikir Rafflesia Arnoldii adalah Bunga Bangkai itu Keliru

 
 
Kalau Anda Pikir Rafflesia Arnoldii adalah Bunga Bangkai itu Keliru
Rafflesia Arnoldii. WORLDATLAS

AKURAT.CO, Rafflesia Arnoldii merupakan tumbuhan ikonik yang pada Senin kemarin menjadi hari penobatannya, LIPI mengambil momen itu dengan berkicau di Twitter, mengungkap "jati diri" bunga tersebut yang sebenarnya secara singkat.

LIPI mengatakan, bunga ini ditetapkan sebagai "Bunga Nasional" bersama melati putih (Jasminum sambac) dan anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis) melalui Keputusan Presiden Nomor 4 Tahun 1993.

Jika selama ini banyak yang menganggap jika bunga yang hanya di Bengkulu ini adalah bunga bangkai. Namun hal itu ternyata keliru.

"Ingat, Rafflesia Arnoldii berbeda dengan Amorphophallus Titanium yang selama ini dikenal dengan Bunga Bangkai," pungkas LIPI dalam ulasannya di Twitter, Selasa (9/1).

Selain itu LIPI menerangkan, bunga ini adalah tumbuhan endemik Sumatra yang masuk dalam suku Rafflesiaceae (padma). Sebagai parasit, Rafflesia hidup menempel pada akar atau batang tumbuhan inangnya.

Dia mampu tumbuh sampai sekitat 1 meter, tidak memiliki batang dan daun, dan berkembang biak dengan biji yang dihasilkan oleh bunga betina. Lalu, bau menyengat yang dikeluarkan digunakan untuk mengundang serangga agar membantu proses penyerbukan.

Rafflesia arnoldii membutuhkan waktu kurang lebih 21 bulan untuk tumbuh, mulai dari munculnya kuncup sampai mekar dan hanya mekar dalam waktu lima hari.


Sumber : tekno.akurat.co, 10 Januari 2018

Sivitas Terkait : Dra. Yuzammi M.Sc.
Diakses : 199    Dibagikan :