LIPI BUKA FORMASI PENELITI JALUR PRESTASI

 
 
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) akan membuka penerimaan peneliti baru melalui jalur prestasi dengan syarat berkualifikasi minimal S-3 dan pernah atau sedang berkarya di berbagai belahan dunia.

"Inisiasi ini penting untuk mengim bangi pengiriman secara masif karya siswa Indonesia ke luar negeri, khususnya melalui beasiswa Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP). Melalui jalur ini, kami harap dapat menarik insan terbaik Indonesia untuk menjadi peneliti," kata Wakil Kepala LIPI, Bam-bang Subiyanto, di Jakarta, Rabu (2/8).

Ia mengatakan, saat ini jumlah peneliti PNS hanya empat persen dari total jumlah SDM Iptek Indonesia yang didominasi oleh dosen dari berbagai perguruan tinggi.

Apalagi dengan terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) No 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS, salah satunya tentang penurunan usia pensiun dari 65 tahun menjadi 60 tahun telah mengurangi jumlah peneliti madya. Sebanyak 20 persen dari 2.724, atau sebanyak 556 peneliti madya terkena imbas dari peraturan pemerintah ini.

Untuk itu diharapkan dengan jalur prestasi ini dapat menarik peneliti muda yang telah memiliki gelar S-3 dapat mengisi kekosongan tersebut.

cit/E-3

Sumber : Koran Jakarta, edisi 03 Agustus 2017. Hal: 4

Sivitas Terkait : Prof.Dr.Ir. Bambang Subiyanto M.Agr.
Diakses : 316    Dibagikan :