LIPI Buka Lowongan Periset Inpassing

 
 

JAKARTA (HN) - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyediakan kesempatan menjadi peneliti melalui jalur inpassing, Rabu (2/8). Saat ini hanya empat persen peneliti berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) dari total 9.556 periset di Indonesia. Kesempatan ini diharapkan bisa memperbaiki kesejahteraan dan memotivasi peneliti Indonesia segera kembali ke tanah air.

Namun LIPI tak bisa langsung membuka lowongan peneliti inpassing. LIPI akan menunggu terlebih dulu permintaan peneliti dari lembaga riset terkait. Peneliti akan mengisi posisi madya yang merupakan tingkat paling produktf. "Kita berharap pembukaan lowongan bisa memotivasi peneliti, hingga Indonesia bisa berkompetisi di level internasional," kata Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI Laksana Tri Handoko, Selasa (2/8).

Lowongan berlaku bagi PNS bukan peneliti yang ingin menjadi pejabat fungsional peneliti. Ketentuan ini menyaratkan calon peneliti berstatus PNS terlebih dulu, baru kemudian mendaftar menjadi peneliti. Bagi peminat yang bukan PNS harus mengikuti syarat dan ketentuan yang ditetapkan KemenPAN RB terlebih dulu. Bila lulus, peminat bisa lanjut ke tahap berikutnya hingga mengikuti diklat peneliti.
 
Tri mengatakan, pihaknya tengah mendiskusikan birokrasi dan mekanisme yang lebih ringkas dengan KemenPAN RB. Hal ini untuk memudahkan peneliti dari luar negeri yang ingin kembali ke Indonesia. Termasuk mahasiswa yang meraih beasiswa pendidikan ke luar negeri namun belum punya pekerjaan. Pengalaman riset dan akademik peneliti bisa diterapkan di tanah air.

LIPI juga menyiapkan infrastruktur untuk menunjang kinerja peneliti. Dana yang disiapkan untuk infrastruktur berasal dari belanja modal, dengan besaran 40 persen dari anggaran total LIPI tahun 2018. Laksana memperkirakan total anggaran untuk 2018 mencapai Rp 1,4 triliun. "Sebesar 60 persen dari belanja modal untuk pembaruan peralatan," katanya.

 


Sumber : harnas.co, 2 Agustus 2017

Sivitas Terkait : Prof.Dr.Ir. Bambang Subiyanto M.Agr.
Diakses : 293    Dibagikan :