LIPI Dorong Pemerintah Kembangkan Infrastruktur Sektor Pariwisata

 
 

Jakarta, (Tagar 17/10/2018) - Di tengah penguatan dolar terhadap nilai tukar rupiah, sektor pariwisata dinilai mampu menjadi solusi alternatif sumber pendapatan nasional.

“Akselerasi sektor pariwisata tahun 2012 sampai tahun 2017 berada di angka 1,22 dengan laju tumbuh di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional dibanding sektor lainnya,” ujar Kepala Pusat Penelitian Ekonomi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Agus Eko Nugroho.

Pola pembangunan service-based economy seperti sektor pariwisata mampu memberikan nilai tambah berkualitas dan dampak pengganda yang besar.

"Secara pararel, aliran dampak pengganda tersebut akan mengarah pada penguatan permintaan domestik baik sektoral maupun rumah tangga. Artinya kemanfaatannya bisa langsung diminati masyarakat dan memperlancar proses bisnis dari usaha-usaha terkait," sambungnya.

Berdasarkan data World Travel and Tourism Council (WTTC) sektor pariwisata telah menyumbang 313 juta lapangan kerja dan 10,4 persen pemasukan pada Produk Domestik Bruto (PDB) dunia.



Sivitas Terkait : Yani Ruhyani
Diakses : 127    Dibagikan :