LIPI Kembangkan Sistem Parkir Cerdas

 
 
Dengan sistem parkir cerdas, pengendara dapat memesan lokasi parkir secara online, serta dapat mencari secara akurat lokasi parkir kendaraan melalui GPS (global positioning system).

JAKARTA - LIPI tengah mengembangkan kolaborasi riset smart parking system, yang diproyeksikan akan membuka era baru dalam sistem parkir kendaraan.

Agus Haryono, Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), mengatakan bahwa dengan sistem parkir cerdas, pengendara dapat memesan lokasi parkir secara online, serta dapat mencari secara akurat lokasi parkir kendaraan melalui GPS (global positioning system).

"Cukup unik ini, akan membuat era baru dalam sistem parkir kendaraan," ujar Agus dalam keterangan pers yang diterima Bisnis, Selasa (19/2/2019).

Berbicara pada diskusi panel Rapat Koordinasi Teknis Badan Penelitian Pengembangan Kementerian Perhubungan di Jakarta, Agus mengatakan bahwa smart parking system adalah salah satu contoh riset kolaboratif yang dikembangkan oleh LIPI.

Seiring dengan perkembangan jumlah kendaraan bermotor, permintaan terhadap ruang parkir semakin meninggi. Bahkan, tidak jarang pengendara kesulitan untuk mendapatkan ruang parkir.

Kesadaran akan kebutuhan ini, Lexus Indonesia bahkan menjadikan layanan ketersediaan parkir di tempat-tempat khusus bagi pengendara mobilnya.

Sementara itu, Continental--perusahaan suku cadang asal Jerman, mengembangkan layanan informasi ruang parkir Off-Street. Produk ini tersedia di 14 negara, seperti pasar inti Eropa Jerman, Austria, Swiss, Prancis, negara-negara Benelux, Spanyol, Italia, dan Inggris.


Sumber : BIsnis.com

Sivitas Terkait : Dr. Agus Haryono M.Sc.
Diakses : 1894    Dibagikan :