LIPI sarankan pemerintah kembangkan KEK sudah ada dibanding buat baru lagi

 
 
Merdeka.com - Pemerintah Jokowi-JK terus mendorong pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Saat ini sudah ada 12 KEK, yakni Sei Mangkei, Galang Batang, Tanjung Api-Api, MBTK (Kutai timur), Palu, Bitung, Sorong, Morotai, Arun, Mandalika, Tanjung Kelayang, dan Tanjung Lesung.

Terakhir, pemerintah melalui Kementerian Pariwisata berencana mengembangkan dua KEK Pariwisata di wilayah Jawa Barat bagian Selatan, yakni Cikidang dan Pangandaran.

Peneliti Pusat Penelitian Ekonomi LlPl, Maxensius Tri Sambodo menyarankan agar pemerintah untuk mengembangkan KEK yang sudah ada dari pada mulai membangun KEK baru.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan pihaknya, dua KEK Pariwisata yakni Mandalika dan Tanjung Kelayang masih jauh dari harapab. Salah satu kendala adalah belum adanya role model.

"Esensinya satu laboratorium. Kita sukseskan beberapa champion inilah yang jadi contoh. Kalau tidak kita gagal kita ingin kek yang menunjukkan keberhasilan," ungkapnya di Gedung LIPI, Jakarta, Selasa (28/8).

Dengan mengembangkan KEK yang sudah ada sekarang, pemerintah akan punya succes story pengembangan KEK. Dengan begitu Pemerintah memiliki konsep yang lebih matang mengenai pengembangan KEK ke depan.

"Di mana bottle neck-nya sehingga KEK baru sudah punya model yang akan dikembangkan. Ini yang belum kita temukan. Karena selama ini kita baru punya kekuatan industri KEK pariwisata belum ada seperti apa," jelas dia.

"Yang terbaik invetarisir champion-champion KEK yang sudah ada untuk direplikasi ke lainnya," tegas dia. [idr]

Sumber : merdeka.com , 28 Agustus 2018

Sivitas Terkait : Dr. Maxensius Tri Sambodo S.E, MIDEC.
Diakses : 105    Dibagikan :