LIPI Tawarkan Suplemen Tanaman untuk Peningkatan Produksi Pertanian

 
 

Jember Hari Ini – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) siapkan teknologi penggunaan suplemen tanaman padi yang mampu menghasilkan gabah sebanyak 12 ton per hektar.

Hal ini ditegaskan Wakil Kepala LIPI, Bambang Subiyanto, dalam acara pengenalan konservasi dan pengembangan potensi daerah di Desa Sabrang Ambulu, Jumat pagi. Namun Bambang tidak menyebut suplemen tersebut sebagai pupuk organik, melainkan sejenis suplemen tanaman yang dimanfaatkan untuk tanaman pertanian bisa menghasilkan panen yang luar biasa.

Ketentuan penggunaan suplemen tanaman itu sudah dilakukan di beberapa daerah basis pertanian di Indonesia, seperti Ngawi dan Wonogiri dengan kombinasi petani menggunakan 50 persen pupuk kimia, dan selebihnya menggunakan suplemen tersebut.

LIPI bersama anggota DPR RI dari daerah pemilihan Jember Lumajang, Bambang Hariadi, juga menyerahkan ribuan bibit jambu biji kepada petani sebagai upaya konservasi lingkungan. Jambu biji itu diharapkan ditanam di sekitar rumah petani untuk menyerap limbah cair sabun mandi yang biasanya mencemari sumur-sumur air bersih di sekitar rumah. (Fath)


Sumber : prosalinaradio.com. 17 Maret 2017

Sivitas Terkait : Prof.Dr.Ir. Bambang Subiyanto M.Agr.
Diakses : 79    Dibagikan :